Taman RT 06 Kerasikan Langgar Jadi Tempat Wisata Alternatif

0
969 views

CURUG – Sebuah taman telah dibuat oleh warga RT 06 RW 02, Lingkungan Kerasikan Langgar, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug. Sesuai fungsinya, taman ini terbagi dalam beberapa area. Pemanfaatan lahan secara maksimal oleh warga.

Lahan yang digunakan untuk taman di RT 06 cukup luas. Memasuki taman, warga mesti melewati gapura dan lorong bambu untuk media tumbuh tanaman merambat.

Di dalam taman ini, warga menanam beberapa macam bunga. Serta, tanaman jenis sayur dan tanaman obat. Areanya terpisah.

Melihat fasilitas yang ada, taman ini punya fungsi lain. Di sini, warga bisa berselfie. Beberapa spot foto telah dibuat. Anak-anak pun bisa bermain.

Ada pula area yang disebut warga sebagai taman edukasi. Terutama, perihal kebersihan. Taman inipun  dilengkapi wifi.

“Sesuai kesepakatan, lahan kosong di RT kami akan dijadikan taman. Alhamdulillah, sudah terwujud. Kami mulai membuat taman tidak lama setelah penilaian tahap pertama (Lomba Resik Lan Aman/LRLA Kota Serang 2020-red) selesai. Setelah penilaian waktu itu, warga langsung bermusyawarah untuk mewujudkan pembuatan taman di lahan wakaf ini,” kata Ketua RT 06 Subhan pada Kamis (23/7) pekan lalu.

Ia menceritakan, awalnya, warga tidak terlalu antusias menata kampungnya. Pasalnya, saat penilaian tahap pertama, hanya ada pemagaran di RT 06.

Namun, setelah tim juri memberikan masukan, warga menjadi antusias mengikuti LRLA. “Baru setelah itu (penilaian tahap pertama-red) swadaya masyarakat berjalan, pembuatan taman dilakukan, pemagaran dilanjutkan, sampai akhirnya sekarang semua pagar sudah dicat,” tutur Subhan.

Ketua Pemuda RT 06 Ahmad Abdullah menilai, taman tersebut telah mampu menarik perhatian warga. Tak hanya dari luar RT 06, tapi juga dari luar Lingkungan Kerasikan Langgar. Mereka tak hanya menikmati warna-warni bunga. Ada yang datang hanya sekadar untuk berfoto.

“Alhamdulillah, sudah banyak warga yang datang untuk sekadar lihat-lihat dan selfie. Biasanya, kalau sore penuh. Banyak yang dari luar Kelurahan Curugmanis. Penataan taman ini belum selesai, ada  aja ide (dari pemuda untuk mempercantik taman-red),” terang Abdullah. (rio/don)