Taman Sayur dan Toga di Atas Irigasi RT 03 Lopang

SERANG – Penghijauan menjadi hal utama di RT 03 RW 02, Lingkungan Lopang, Kelurahan Lopang, Kecamatan Serang. Warga membangun taman di atas saluran irigasi yang melintas di kampungnya.

“Penataan lingkungan kami memang difokuskan di sana (di atas saluran irigasi-red). Selama ini, saluran air itu cukup kotor. Karena itu, kami lakukan penghijauan agar warga tidak lagi membuang sampah ke saluran air itu. Sekarang, alhamdulillah, sudah enggak ada yang membuang sampah ke saluran air,” kata Ketua RT 03 Arsani pada Rabu (8/7).

Ia menjelaskan, untuk menghijaukan kampungnya, warga membuat taman di atas saluran irigasi. Tanaman jenis sayur dan tanaman obat keluarga (toga) tidak hanya ditanam langsung di bantaran irigasi. Ada juga yang menggunakan pot gantung di atas irigasi.

Warga, lanjut Arsani, juga membuat pagar dan menghias lingkungannya dengan lukisan cat. “Sekarang tinggal melakukan perawatan saja sampai waktu penilaian nanti (tahap dua Lomba Resik Lan Aman Kota Serang 2020-red). Selain perawatan taman-taman yang kami buat, warga juga didorong untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak lagi membuang sampah ke bantaran kali (irigasi-red),” jelasnya.

Ronda malam di RT ini, tegas Arsani, rutin dilakukan warganya. Ini terjadi karena setiap ronda malam, warga juga bacakan. Masak dan makan bersama-sama.

“Warganya senang. Selain menjaga lingkungan, biasanya mereka makan-makan juga, jadi kebersamaannya semakin kental,” tambah Arsani.

Ujang Supriatna, warga RT 03 yang ikut dipercaya oleh warga untuk menata dan merawat taman, mengaku senang dengan kondisi lingkungan RT-nya sekarang. “Saya tanam cabai, kangkung, terong, dan lainnya. Kalau untuk apotek hidup, saya pilih sereh, kunyit, jahe, dan lidah buaya. Sekarang, alhamdulillah, sudah mulai tumbuh semua. Tapi nanti akan ditingkatkan lagi,” ujarnya. (rio/don)