Tambah Wawasan Astronomi, Pelajar Ikut Saksikan Gerhana Matahari

Gerhana Matahari

CILEGON – Guna menambah wawasan dalam ilmu astronomi, sejumlah pelajar Yayasan Al Jauharotunnaqiyah, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon ikut menikmati dan mengamati fenomena gerhana matahari di halaman sekolahnya, Rabu (9/3/2016).

Rani, salah satu pelajar yang ikut mengamati gerhana matahari, mengaku senang dengan kegiatan yang jarang terjadi ini. “Luar biasa lah, tadi saya sempat melihat gerhana matahari tersebut dengan menggunakan teleskop yang dimiliki sekolah. Walaupun enggak sempurna, tapi tadi saya lihat melalui teleskop terlihat matahari tertutup bulan,” ujarnya kepada Radar Banten Online.

Rani menambahkan, baru kali ini ia dapat menikmati gerhana matahari melalui teleskop sekolah. “Walaupun tadi gerhana yang terlihat tak sepenuhnya terlihat jelas, tapi saya dan teman-teman lainnya cukup terkesan dan takjub dengan fenomena alam ini,” tuturnya.

Muhamad Jamhuri, Guru Bimbingan Konseling (BK) Yayasan Al Jauharotunnaqiyah mengatakan kegiatan ini penting dilakukan untuk para siswa yang sekolah di yayasan ini. Sebab, yayasan ini juga mengajarkan ilmu Falak (astronomi). “Maka dari itu, ini momen berharga agar para pelajar mengenal lebih tentang fenomena alam ini. Selain wawasan intelektual astronomi bertambah, kegiatan ini juga menanamkan siswa agar mengenal kebesaran Allah SWT,” ujarnya.

Selain mengamati gerhana, lanjut Jamhuri, para siswa yang hadir juga ikut melaksanakan shalat gerhana. “Shalat gerhana ini kan sudah pernah diperintahkan Nabi Muhammad SAW. Shalat ini sebagai rasa syukur dan sebagai intropeksi saja. Tadi shalat diikuti ratusan pelajar dan sejumlah guru-guru dan juga ketua yayasan,” tutupnya. (Ade Faturohman).