Tampilan Baru RW 02, Bersih dan Hijau

0
443

CIRUAS – RW 02, Kampung/Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, terus berbenah. Lingkungan yang bersih dan hijau menjadi konsep utamanya. Warga kampung yang lebih dikenal dengan sebutan Kompleks Guru ini berusaha menampilkan wajah baru kampungnya di penilaian tahap dua Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020.

“Memang yang kami utamakan adalah kebersihan dan penghijauan. Karena masih pandemik Covid-19, kebersihan lingkungan menjadi salah satu upaya warga untuk mencegah berbagai macam penyakit masuk ke kampung kami. Penghijauan juga menjadi yang utama untuk menjaga kebutuhan oksigen di kampung ini,” jelas Ketua RT 03 RW 02 Hadi.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan kampung ini, menurut Hadi, warga rutin kerja bakti. Warga juga telah mengikuti imbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Di setiap rumah warga, lanjut Hadi, tanaman hijau diperbanyak. Kegiatan ini lebih banyak dilakukan oleh ibu-ibu. Penghijauan ini dilakukan warga secara swadaya.

“Kebetulan ibu-ibu juga senang penghijauan, jadi mereka sangat antusias melakukan hal itu. Selain di halaman rumah masing-masing, lahan kosong yang ada juga dimanfaatkan menjadi apotek hidup oleh ibu-ibu,” ungkap Hadi.

Untuk menghadapi penilaian tahap dua LKBA, awal Desember mendatang, warga terus berusaha meningkatkan penataan lingkungan kampungnya. Antara lain, dengan membangun gapura, pos ronda, serta melakukan pemagaran dan pengecatan.

Tempat cuci tangan sebagai fasilitas penerapan protokol kesehatan juga telah disebar warga di beberapa tempat. Warga maupun tamu di kampung ini sudah bisa dengan mudah mencuci tangannya dengan sabun.

Mukhayat, warga RW 02, menambahkan bahwa warga masih punya beberapa agenda penataan lingkungannya. Dalam waktu dekat, pemagaran akan dilakukan.

“Pengecatan juga dilakukan meskipun tidak utama. (Pengecatan-red) selain sebagai tanda bahwa kampung ini sedang mengikuti Lomba Kampung Bersih dan Aman, juga untuk mempercantik lingkungan,” ujar Mukhayat. (rio/don)