Tampilan RW 01 Masih Sederhana

0
373 views

KRAMATWATU – Biasa saja, begitulah kesan pertama saat mengunjungi lingkungan RW 01, Kampung/Desa Tonjong, Kecamatan Kramatwatu, Selasa (17/11). Jalanan di kampung ini hanya dihias dengan lukisan cat di bagian tengahnya, tanpa ada penghijauan.

Untuk penghijauan, warga RW 01 sebenarnya bisa memanfaatkan lahan kosong di samping gapura RT 01. Luas lahan ini sekira 20 meter persegi. Namun, warga tidak memanfaatkannya dengan baik.

Kondisi pos ronda di tiga RT di RW ini, yakni RT 01, RT 02, dan RT 03 juga melompong. Hanya ada jadwal ronda saja. Peralatan lainnya nihil.

Ketua Karang Taruna Desa Tonjong Fajri mengakui jika penataan lingkungan RW 01 tidak ada yang spesial. Warga hanya melakukan pengecatan dan pemasangan spanduk “Selamat Datang Tim Penilai di Kampung Bersih dan Aman 2020”. Spanduk ini dipasang di atas gapura.

“Jadi ya seperti ini, alakadarnya dan biasa saja,” ujarnya kepada Radar Banten.

Fajri mengaku, kegiatan gotong royong warga menata lingkungan RW 01 dilakukan dua pekan sebelum tim juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 datang untuk melakukan penilaian tahap pertama.

“Setelah penilaian tahap pertama, belum ada pergerakan lagi,” ungkap Fajri.

Sementara, Ketua RW 01 Siful Bahri mengaku masih berusaha mengajak warganya untuk swadaya. Sebab, penataan lingkungan kampungnya terkendala oleh biaya. “Dananya minim, harus ajak warga swadaya,” katanya.

Siful merencanakan pembelian tanaman hias jika uang iuran warga sudah terkumpul. Tanaman tersebut akan dipajang di sepanjang jalan. “Kita pengen juga buat tanaman hidroponik,” pungkasnya. (mg06/don)