Tanaman Sayur untuk Hijaukan Cangketeuk

BANDUNG – Penghijauan juga menjadi konsep Kampung Cangketeuk, Desa Bandung, Kecamatan Bandung. Tanaman yang dipilih jenis sayur. Warga kampung itu, khususnya di RW 04, menanamnya di halaman rumah. Warga Cangketeuk berharap, bisa bersaing dengan kampung lain di Kabupaten Serang pada Lomba Kampung Bersih dan Aman 2019.

Salah satu tokoh masyarakat Kampung Cangketeuk, M Tala mengakui kekompakan warga kampung tersebut menjadi dasar Pemerintah Desa Bandung memilih Cangketeuk. Perkampungan itu dinilai cukup rapi. Rumah-rumah warganya tertata.

Cangketeuk pun, lanjut Tala, bisa dijadikan contoh untuk kampung lain di Desa Bandung dalam menjaga kebersihan lingkungan. Gotong royong membersihkan lingkungan sudah rutin dilaksanakan warga.

Hanya saja, lingkungan Cangketeuk masih cukup gersang. Makanya, kegiatan yang akan dilakukan oleh warga adalah penghijauan. Warga diimbau menanam beberapa jenis sayur di tiap pekarangan rumahnya.

Cara penghijauan seperti itu, diyakini tidak hanya bisa membantu perekonomian keluarga warga Cangketeuk. Tetapi, juga bisa berdampak pada kebersihan lingkungan rumah warga.

“Kita sudah siapkan tanaman jenis sayuran untuk bisa ditanam di halaman rumah warga. Kita pilih cabai dan terung. Tanaman itu mudah merawatnya. Hasilnya juga bisa langsung dimanfaatkan oleh warga,” tutur Tala kepada Radar Banten, Kamis (19/9).

Untuk kegiatan siskamling, jelas Tala, juga rutin dilaksanakan warga. “Setiap malam, hampir semua pos ronda di kampung diisi oleh warga hingga pukul tiga pagi. Mereka tidak hanya menjaga keamanan dari maling saja, tetapi juga menjadi yang terdepan ketika terjadi peristiwa seperti kebakaran dan bencana lainnya,” tukasnya seraya berharap, Lomba Kampung Bersih dan Aman bisa memajukan kampungnya. Serta, membuat lingkungan Cangketeuk lebih hijau dan asri.

Mahmud, staf Pemerintah Desa Bandung membenarkan kekompakan warga Cangketeuk menjadi salah satu dasar perkampungan tersebut dipilih untuk mengikuti lomba. “Warga Kampung Cangketeuk sangat antusias mengikuti lomba ini. Kita optimistis Kampung Cangketeuk bisa meraih hasil maksimal,” tandasnya. (rio/ang/don/ira)