Tanaman Sayur untuk Penghijauan

0
694 views

CURUG – Penghijauan dihadirkan warga Lingkungan Curug, RT 01 RW 01, Kelurahan Curugmanis, Kecamatan Curug. Menghadapi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, warga RT ini tinggal memanfaatkan beberapa jenis tanaman sayur yang sudah mereka tanam di pekarangan rumah.

“Ibu-ibu di sini (RT 01-red) sukanya nanam sayuran, kayak cabai, tomat, dan terong. Jadi, untuk penghijauan, kita mah yang sudah ada saja. Kan jadi lebih mudah dan enggak menambah biaya,“ kata Erna, warga RT 01, Selasa (28/4).

Ia menjelaskan, saat ini, ada beberapa warga RT 01 yang sudah menyiapkan tanaman sayur di polybag. Tanaman ini dikumpulkan di halaman depan dan belakang rumahnya. ”Kami tinggal menunggu pemagaran selesai terus mulai menata tanaman yang sudah di polybag,” jelas Erna.

Ketua RT 01 Tabriji membenarkan, warganya memilih penghijauan untuk menghadapi LRLA. Pertimbangannya, karena lingkungan RT ini sudah hijau. Warganya pun gemar menanam beberapa jenis tanaman sayur di halaman rumah masing-masing. Sehingga, akan lebih mudah menatanya.

“Tinggal mengarahkan saja. Nanti, tidak cuma sayuran. Kami juga akan menanam pucuk merah supaya lingkungan terlihat lebih segar. Untuk pemagaran memang belum karena keburu ditunda sama kelurahan (pencegahan penyebaran virus corona-red),” terangnya.

Warga RT ini, lanjut Tabriji, berencana membangun satu pos ronda lagi di lingkungannya. “Pos ronda baru ada satu, di dalam lingkungan. Kami akam buat satu (pos ronda-red) lagi di pinggir jalan,” ujarnya. (rio/don)