Tangerang Raya, November Siap-siap Daftar Calon ASN

TANGERANG – Tiga Pemda, meliputi Kota Tangsel, Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang  bakal kembali membuka rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara (ASN). Dari informasi yang dihimpun, pendaftaran akan dibuka November.

Dari Kota Tangerang dilaporkan, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) mengajukan kuota Calon ASN bersamaan dengan kuota pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Kuota CPNS diajukan sebanyak 130 formasi. Sedangkan kuota PPPK diajukan 800 formasi.  Kuota tersebut untuk mengisi tenaga di bidang kesehatan, tenaga pengajar, dan tenaga teknis lainnya. 

“Kami ajukan PPPK tahun ini karena tahun lalu Kota Tangerang tidak melakukan perekrutan, untuk kuota yang diberikan dari pusat sampai sejauh ini belum ada jawaban,” ungkap Akhmad Lutfi, Kepala BKPSDM Kota Tangerang, Rabu (9/10).

Menurutnya, Kota Tangerang dihuni 2 juta lebih penduduk dan jika diestimasikan ASN yang diperlukan berjumlah 15 ribu demi menunjang pelayanan publik.

“Jumlah ASN di Kota Tangerang berdasarkan data saat ini hanya 8.170 orang, jumlah itu, sudah dikurangi PNS yang pensiun sebanyak 295 orang,” katanya kepada Radar Banten, Rabu (9/10).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Tangsel Apendi menyatakan, awalnya mengajukan kuota 550 formasi. Namun,  direvisi menjadi 150 formasi.

Jumlah 150 formasi, sambungnya, sesuai dengan jumlah pensiun pegawai mencapai 139 orang. Ratusan formasi itu akan ditempatkan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan.

Ia menambahkan untuk ideal pegawai, seharusnya mencapai 13 ribu ASN. Itu mengacu pada jumlah penduduk Tangsel berjumlah 1,6 juta jiwa. ”Sekarang kita baru ada 5 ribu ASN. Kalau ikut Analisis Beban Kerja (ABK) harusnya 13 ribu pegawai. Jadi, kita sesuaikan saja dengan pekerjaan dan sumber daya yang ada untuk dimaksimalkan,” tukasnya

Sementara itu, Pemkab Tangerang mengajukan kuota 500 formasi kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemepan RB) dalam rekrutmen Calon ASN tahun 2019. Jumlah tersebut terbagi 150 kuota untuk pelamar umum dan 350 kuota untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

“Jumlah tersebut merupakan hasil perhitungan pegawai kami dengan para organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tangerang,” kata Yani Sutisna, Plt Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang, Rabu (9/10).

Tetapi, lanjut Yani, jumlah tersebut belum mendapat persetujuan dari Kemenpan RB. “Kami baru dapat surat pemberitahuan jadwal pelaksanaan rekrutmen dan sosialisasi dari Kemenpan RB, Senin (7/10) lalu. Tetapi untuk jumlah dan formasinya belum. Kami masih nunggu,” terangnya.

Yani menuturkan, untuk formasi seleksi CASN 2019 ini diperkirakan berkaitan dengan tenaga pendidikan, kesehatan dan teknis. Sementara untuk persyaratannya, lanjut Yani, tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan CASN sebelumnya.

“Mungkin hanya ada perbedaan umur, untuk kategori umum usianya dibatasi 18-35. Tetapi untuk PPPK di atas 35 tahun juga masih bisa daftar, maksimal satu tahun sebelum pensiun masa pensiunnya ASN,” tuturnya.

Ia mengimbau, para calon pelamar CASN 2019 agar memperdalam materi tes yang dilaksanakan menggunakan system computer assisted test (CAT). Soal pendaftaran seleksi, berdasarkan Surat Kemenpan-RB Nomor B/1007/S.SM.01.00/2019 pendaftaran akan berlangsung November. 

“Kami hanya mengajukan usulan, soal teknisnya dilakukan oleh Kemenpan-RB. Kalau nanti diminta tempat untuk tes, akan kami siapkan. Untuk para calon pelamar, diharapkan memperdalam dan pelajari lagi materi tes sebelumnya,” pungkasnya. (you/one/mg-04)