Tangerang Siaga Banjir

Bendung Pintu Air 10 di Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Neglasari, Senin (5/2).

TANGERANG – Air kiriman dari bendungan Batu Beulah, Bogor dan hujan deras yang terus mengguyur diantisipasi Kota Tangerang. Meski masih kondisi siaga tiga, namun Pemkot Tangerang mengambil langkah dengan membuka bendungan Pintu Air 10 di Kelurahan Neglasari, Kecamatan Neglasari, Senin (5/2).

Kabid Pemeliharaan Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang (PUPR) Kota Tangerang Agus Tolib mengatakan, pihaknya terus memantau bersiaga untuk mengantisipasi banjir melanda.

”Sejumlah daerah dipredikisi akan banjir jika pintu air tidak dibuka. Di Kota Tangerang, wilayah Panungganganbarat potensi terendam karena air Sungai Cisadane melimpas. Makanya, kami buka dua pintu terlebih dulu. Pompa mobile juga sudah disiapkan,” kata Agus.

Kepala Dinas PUPR Nana Trisyana mengatakan, banjir masih terjadi di delapan titik. ”Ada delapan titik lagi dari 26. Paling banyak di Laranganutara, Kecamatan Larangan dan di wilayah Kecamatan Periuk,” terangnya.

Nana mengatakan, saat ini pihaknya sedang membangun tandon di Kecamatan Larangan. ”Pembangunan tandon perlu pembebasan lahan. Sedang diupayakan pembebasan lahan satu hektare,” pungkasnya.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah yang menginstruksikan untuk membuka bendungan Pintu Air 10 memastikan kondisi wilayahnya relatif aman. Arief bersama jajaran Dinas PUPR langsung mengecek bendungan Pintu Air 10. ”Alhamdulillah masih aman. Sudah dicek. Kondisinya siaga tiga. Semalam (Minggu malam-red) sempat siaga dua,” katanya.

Sampai kemarin sore informisinya ketinggian debit air di 9 meter dan di Sungai Cisadane 11,3 meter. ”Mohon doanya, semoga Kota Tangerang tetap kondusif,” ujar Arief.

Pihaknya akan terus memantau situasi debit air. ”Akan dilakukan pompanisasi. Jadi bisa mengantisipasi banjir,” ungkapnya.

Dikatakan Arief, jika melihat kondisi seperti ini, bukan cuma ada kiriman air. Tapi juga kiriman sampah. ”Oleh karena itu, kami mengimbau agar masyarakat jangan buang sampah di sungai,” tandasnya.

Terkait kesiapan penanganan banjir 2018, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Tangerang Taufik Syahzaeni menyampaikan, bahwa pihaknya sedang melanjutkan proyek normalisasi Cisadane bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS). Selain itu, melaksanakan penurapan di Kecamatan Cibodas, Karawaci, dan Neglasari. (mg-17/dai/sub/RBG)