Target Raih Juara, Empat RT Dilibatkan

CIKEUSAL Pemerintah Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cikeusal, menargetkan Kampung Dahu menjadi juara Lomba Kampung Bersih dan Aman Kabupaten Serang 2019. Tidak tanggung-tanggung, empat RT di RW 01, Kampung Dahu, dilibatkan. Beberapa program penataan lingkungan telah disiapkan.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Bantarpanjang Asep Kurniawan mengungkapkan, Kampung Dahu dipilih untuk mengikuti perlombaan tersebut karena menjadi pintu gerbang Desa Bantarpanjang dari arah Desa Cikeusal. Empat RT di kampung itu yang dilibatkan adalah RT 01, 02, 013, dan 014.

“Biar hasilnya bisa maksimal,” kata Asep menyampaikan alasannya kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten), Minggu (13/10).

Lelaki yang juga menjabat sekretaris Kecamatan Cikeusal itu mengaku, telah menyiapkan program penataan lingkungan untuk Dahu. Di antaranya, pemagaran pinggir jalan poros desa dan menggalakkan penghijauan dengan tanaman hias dan tanaman bunga.

“Rencananya, di Kampung Dahu akan dilakukan pemagaran jalan lingkungan yang jaraknya diperkirakan satu kilometer. Pihak RT dan RW sudah menyatakan kesiapannya merealisasikan beberapa rencana yang sudah disiapkan,” tegas Asep.

Pemerintah Desa Bantarpanjang juga berencana menambah satu pos kamling di perkampungan tersebut. “Di Kampung Dahu, sebenarnya sudah ada pos kamling yang letaknya tidak jauh dari perbatasan Kampung Dahu dengan Desa Cikeusal. Meski kampung ini tergolong aman, tapi penambahan pos kamling tetap dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan warga,” tukasnya.

Ketua BPD Bantarpanjang Ahmad Safiudin mengaku, sudah mengetahui rencana itu. Warga, katanya, juga sudah bermusyawarah untuk merealisasikan program penataan lingkungan tersebut.

“Semua kebutuhan yang diperlukan untuk program tersebut akan segera disiapkan. Sehingga, warga bisa langsung bergotong royong mengerjakan apa yang telah diprogramkan,” tuturnya. (rio/ang/don/ira)