Target Warga RT 03 Kaligandu Selatan: Bank Sampah

SERANG – Bank sampah menjadi target warga RT 03 RW 011, Lingkungan Kaligandu Selatan, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang. Mereka akan mendirikannya setelah pembuatan taman rampung.

“Bank sampah RT 03 akan fokus di botol plastik dan kertas. Rencananya, pembentukannya akan dilakukan minggu depan,” tegas Ketua RT 03 Haerudin pada Selasa (7/7).

Pendirian bank sampah itu, menurutnya, akan dilakukan setelah usaha warganya mengubah penampilan lingkungannya rampung. Saat ini, warga RT 03 tengah mengerjakan pembuatan taman bermain anak. Masih tahap pembangunan.

Demikian pula dengan penghijauan dan pengecatan untuk mendekorasi RT 03 menjadi lebih asri. Lebih enak dipandang.

“Penataan yang sudah kami lakukan, di antaranya, membuat gapura di tiga titik. Pengecatan dan penghijauan juga dilakukan, tapi belum selesai karena kesibukan warga sini. Kami gotong royong hanya hari Minggu saja, karena hari biasa, rata-rata warga kerja,” jelas Haerudin.

Pos ronda RT 03, terpantau dalam kondisi bagus. Bangunannya cukup representatif untuk kegiatan warga mengamankan lingkungannya.

Ketua RW 011 M Sholeh membenarkan jika penataan lingkungan RT 03 masih dilakukan. “Penataan yang kelihatan sekarang itu baru sekitar 60 persen. Oleh karena itu, dalam waktu dekat, akan kami kerjakan lagi,” ujarnya.

“Tapi saya pastikan, sebelum penilaian kedua (Lomba Resik Lan Aman/LRLA Kota Serang 2020-red) dimulai, saya pastikan, warga sudah menyelesaikan penataan,” tambah Sholeh. (rio/don)