Targetnya, Lingkungan RW 01 Garatiis Bersih

0
302 views

BAROS – Lingkungan tanpa sampah. Warga RW 01, Kampung Garatiis, Desa Cisalam, Kecamatan Baros, sepakat untuk menciptakan itu. 

“Target kami, lingkungan bersih. Tidak ada sampah berserakan. Salah satu upayanya adalah pembuatan tempat sampah dan kerja bakti setiap Minggu,” kata Ahmad Rusdi, Ketua RT 03 RW 01, Kamis (15/10).

Warga, menurutnya, mengawalinya dengan membersihkan saluran air pembuangan. Agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan, pembuatan tempat sampah telah menjadi agenda. Tempat sampah dari bambu itu, nantinya akan ditempatkan di setiap rumah warga.

“Setelah kerja bakti membersihkan saluran air, kami melakukan pemagaran. Sampai sekarang masih melanjutkan pemagaran dan pengecatan. Kalau sudah selesai, kami akan membuat bak sampah untuk warga,” jelas Ahmad Rusdi.

Penghijauan juga tengah dilakukan warga RW 01. Saat ini, beberapa warga masih menyemai bibit tanaman sayur dan bunga di rumahnya.

“Bunga dipilih agar kampung terlihat meriah. Kalau sayuran kan bisa dikonsumsi juga oleh warga,” jelas Ahmad Rusdi.

Sekretaris Desa Cisalam M Tohli menjelaskan bahwa kegiatan warga RW 01 menata kampung, mayoritas dilakukan pada malam hari. “Warga dan pemuda, rata-rata malam ngerjainnya. Kalau siang mereka juga banyak yang kerja,” tegasnya.

Dari segi keamanan, Garatiis dinilai sudah cukup aman. Kata Tohli, kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling) masih dilakukan warga. Hanya saja, peralatan keamanan di pos ronda belum dilengkapi.

“Kami masih belum ada apar (alat pemadam api ringan-red) dan borgol. Kalau senter, biasanya masing-masing warga punya. Untuk nomor telepon penting tidak ada di pos ronda, tapi dibuat stiker yang ditempel di setiap rumah warga,” urai Tohli yang juga warga RW 01. (rio/don)