SERANG – Malam ini suasana halaman Masjid Agung Al-Bantani tidak seperti biasanya. Dari gerbang utama, area Masjid Agung dipenuhi oleh ribuan kiai dan santri yang akan mengikuti deklarasi Hari Santri Nasional yang juga dideklarasikan hari ini oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, di Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu (22/10/2015).

Pantauan radarbanten.com di lokasi, deklarasi Hari Santri Nasional dibuka dengan tarian kolosal Ahlan Wasahlan yang dibawakan oleh puluhan remaja dari sanggar seni Wanda. Dengan alunan musik gamelan berampur perkusi dan alat musik modern, puluhan penari remaja tersebut menarikan gerakan-gerakan tarian yang indah.

Undang Santri se-Banten Pemprov Gelontorkan Rp3,7 M

Tarian ini sendiri dimulai beberapa menit setelah Gubernur Banten, Rano Karno, memasuki area deklarasi di halaman Masjid Agung Al-Bantani KP3B. Rano yang didampingi oleh istrinya, Dewi Indiarti Rano, disambut oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Banten, Asep Rahmatullah dan ribuan santri dan kiai yang sebelumnya memenuhi tenda utama.

Sebelumnya, Kepala Biro Kesra Provinsi Banten Irvan Santoso mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional akan dihadiri Gubernur Banten, Ketua DPRD Banten, FKPD Provinsi Banten, Bupati Walikota se-Provinsi Banten, Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Banten, Anggota DPR dan DPD RI Dapil Banten, tokoh Pembetukan Provinsi Banten serta Pimpinan Ormas Islam se-Provinsi Banten.

“Rangkaian acaranya istighosah, bazar, tarian Ahlan Wasahlan, peresmian deklarasi dan beberapa agenda lainnya. Bahkan akan ada juga penampilan Wali Band. Dipilihnya Wali Band, karena band tersebut dianggap merepresentasikan santri karena lulusan santri,” ujar Santoso. (Bayu)