CILEGON – Tarif jasa penyeberangan di pelabuhan PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak akan naik menjelang arus mudik ramadhan dan lebaran idul fitri tahun 2017 ini. Kenaikan tarif itu akan dimulai pada tanggal 15 Mei bulan ini.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Angkutan dan Multi Moda Ditjen Perhubungan Darat Cucu Mulyana seusai berlangsungnya sosialisasi penyesuaian tarif penyeberangan lintas antar propinsi pada lintas penyeberangan Merak-Bakauheni, Kamis (4/5).

“(Kenaikan tarif) Jadwalnya tanggal 15 Mei pada pukul 00.00 waktu setempat. Kenaikan ini serentak diseluruh Indonesia pada lintas penyeberangan PT. ASDP,” ujarnya.

Kata dia, kenaikan tarif di lintas penyeberangan Merak-Bakauheni milik PT. ASDP pada angkutan kendaraan rata-rata sekitar 10,45 persen. Sedangkan untuk rata-rata kenaikan tarif penumpang pejalan kaki sebesar 14,48 persen.

“Kita kan sejak dari tahun 2015-2016 sudah mengalami penurunan tarif sebanyak tiga kali karena adanya penurunan tarif BBM. Sedangkan sekarang UMR karyawan baik didarat dan dilaut sudah naik dan harga-harga sparepart juga naik. Didalam aturan setiap enam bulan kita perlu mengevaluasi,” katanya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)