Tarif Penyeberangan Turun, Pelabuhan Siaga I

Gangway Pelabuhan Merak
Gangway Pelabuhan Merak

MERAK – PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak menurunkan tarif penyeberangan menyusul adanyan penurunan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Berbeda dengan penurunan tarif sebelumnya, penurunan kali dibarengi dengan adanya peningkatan pengamanan di kawasan pelabuhan.

“Kondisi pemberlakuan penurunan tarif penyeberangan memang diberlakukan hari ini dan situasi aman. Hanya saja, memang ada pengetatan kondisi pelabuhan, pasca adanya insiden bom di Jakarta. Jadi hanya bersamaan saja dan tergolong aman,” Ungkap Humas Manajer PT ASDP Ferry Merak, Mario S. Oetomo, Jumat (15/1/2016).

Rata-rata penurunan tarif untuk kendaraan berada pada kisaran 4,2 persen. Sedangkan untuk penumpang pejalan kaki sebesar mengalami penurunan sekitar 12,2 persen dari tarif sebelumnya.

Pada bagian lain, Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, AKP Nana Supriatna membenarkan adanya pengetatan keamanan tersebut. “Kebetulan saja, waktu pemberlakuan penurunan tarif bersamaan dengan instruksi Mabes Polri siaga satu Pasukan di seluruh Indonesia. Untuk saat ini kita memang meningkatkan pengawasan di pelabuhan Merak, mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Kapolsek mengurai, hingga saat ini pihaknya belum menemukan pihak-pihak yang dicurigai akan mengganggu keamanan kawasan obyek vital itu. “Kemarin kami melakukan penyekatan dua kali. Patroli hari ini kita tingkatkan di seluruh lini di dalam pelabuhan, mencegah pihak-pihak tertentu yang punya indikasi mengganggu keamanan di dalam pelabuhan,” katanya. (Devi Krisna)