Taspen Siap Cairkan Dana Pensiun Senilai Rp 69 M

0
875 views

SERANG – PT Taspen (Persero) Cabang Serang menargetkan pencarian dana pensiun di Banten awal tahun 2017 sebesar 100 persen. Dalam setiap bulannya PT Taspen Persero mencairkan dana pensiun sebesar Rp 69 miliar untuk 31.700 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) kecuali pensiunan TNI dan Polri yang pensiun mulai dari bulan April 1989.

Kepala Kantor Taspen Cabang Serang, Tamsir mengatakan, tahun 2017 presentase yang diperoleh PT Taspen sudah sebesar 98 persen untuk bulan Januari. Sedangkan di bulan Februari persentase yang diperoleh PT Taspen sudah hampir 45 persen.

“Di bulan Januari kita sudah mencairkan sebanyak 87 pengajuan pensiunan dari 89 pengajuan. selanjutnya untuk bulan Februari mendatang, kita sudah cairkan 35 pengajuan dari total 77 pengajuan pensiun,”katanya. Saat ditemui diruang kerjanya, Senin (16/1).

Sementara itu, lanjut tamsir, ia mengupayakan pemerintah dalam hal ini pemerintah daerah dapat mengumpulkan para calon pensiunan untuk memudahkan pendataan. “Pemerintah daerah sudah baik, namun jauh lebih baik lagi agar para calon pensiunan dapat lebih mudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Taspen, tinggal mereka kumpulkan berkas ke BKD secara kolektif agar sebelum jatuh tempo yang pensiun sudah dapat dicairkan,” katanya.

Selain itu, PT Taspen (Persero) juga semakin meningkatkan pelayanan dengan mengadakan layanan klaim otomatis (LKO). “Kita mudahkan pelayanan melaui mobil layanan taspen yang disediakan di setiap titik layanan di Kabupaten dan Kota dan mitra layanan Taspen / kantor bayar. Kita ada MOBTAS Keliling setiap hari Senin – Rabu di wilayah luar Serang,” katanya.

Seperti diketahui, perolehan dana Tabungan Hari Tua (THT) yang akan diperoleh PNS yakni sebesar Rp 45-68juta. “Hak THT paling rendah gol 2 rata-rata Rp 45juta dan Gol 4D-4E hingga Rp 68 juta. Itu untuk masa kerja normal kecuali jika PNS tersebut pensiun karena adanya unsur lain misalnya meninggal, dan berhenti,” katanya.

“Syarat pengajuan pensiun ada 6 yaitu Formulir dapat di download di website Taspen, BKD dan mitra-mitra Taspen yang disebut Formulir Pengajuan Pensiun FPP, Foto kopi KTP, Foto kopi NPWP, Foto, Buku rekening, dan Foto kopi Surat keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP) yang dikeluarkan oleh bagian keuangan,” paparnya. (Wirda)