Tatu Bahas Cawabup Bersama PDIP

SERANG – Calon petahana Ratu Tatu Chasanah mengikuti tahapan wawancara pada penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati PDI Perjuangan. Tatu juga mengakui jika ada pembahasan mengenai calon wakil bupati yang akan mendampinginya dari PDIP.

Tahapan wawancara dilakukan di Sekretariat PDIP Provinsi Banten, Jalan Lingkar Selatan, Cikulur, Kota Serang. Setelah melakukan wawancara secara tertutup, kepada wartawan Tatu mengakui jika ada pembahasan calon wakil bupati bersama partai berlambang banteng moncong putih itu.

Sekadar diketahui, tiga kader PDIP mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil bupati untuk Pilkada 2020. Yakni, Pandji Tirtayasa, Hendri Gunawan, dan Harry Mirazdi. Sementara, bakal calon bupati yang daftar di PDIP yakni Ratu Tatu Chasanah, Wahyu Papat Juni Romadonia, dan Lili Romli. Namun, Lili Romli hingga kemarin belum memenuhi panggilan PDIP untuk tahap wawancara. “Pembahasan saya dengan PDIP? Insya Allah, Insya Allah,” ujar Tatu menjawab pertanyaan wartawan terkait pembahasan calon wakil bupati bersama PDIP.

Kendati demikian, Tatu enggan membuka siapa yang dibahas untuk menjadi calon wakil bupati mendampinginya di Pilkada. Ia mengaku akan mengikuti mekanisme partai dan berharap PDIP kembali mendukungnya di Pilkada. “Kita ingin bersama-sama lagi, untuk menyelesaikan pembangunan yang masih tersisa,” ujarnya.

Tatu menyerahkan semuanya kepada mekanisme partai. Ia mengaku tidak akan melangkahi proses mekanisme di PDIP. “Dari DPC ke DPD, kemudian nanti kalau ke DPP mungkin DPD yang akan membawa, saya ikuti mekanisme, jadi saya tidak lompat-lompat karena semua partai ada mekanismenya,” ucapnya.

Ketua Desk Pilkada PDIP Provinsi Banten Muklis mengatakan, setalah tahap wawancara, pihaknya akan melakukan survei independen pada nama-nama yang mendaftarkan diri ke PDIP. Kemudian, akan disampaikan kepada DPP pada 25 Desember 2019.

Disinggung siapa sosok yang akan diusung PDIP, Muklis mengaku enggan menyebutkan. Kata dia, rekomendasi calon bupati dan wakil bupati dilakukan oleh DPP PDIP. “Nanti DPP yang akan merekomendasikan calonnya,” ucapnya. (jek/zee/ags)