Tatu-Pandji Fokus Peningkatan Ekonomi

0
2188
Pandji Tirtayasa (kedua dari kanan) menerima SK Penetapan sebagai calon wakil bupati terpilih dari Ketua KPU Kabupaten Serang, Jumat (22/1).

SERANG – Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa resmi ditetapkan sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Jumat (22/1). Pasangan petahana itu pada periode keduanya akan fokus pada program peningkatan ekonomi.

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa mengatakan, pihaknya sudah mencanangkan serangkaian visi-misi pada saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Serang. Salah satunya soal peningkatan ekonomi masyarakat. “Kita akan prioritaskan program peningkatan ekonomi masyarakat (di periode kedua-red),” ungkap mantan birokrat bertubuh jangkung itu kepada wartawan, Jumat (22/1).

Kata Pandji, pihaknya pada periode pertama fokus pada program peningkatan infrastruktur sebagai jantung aktivitas masyarakat. Dari 601 kilometer jalan, disebutkan Pandji, pihaknya tinggal menyisakan 40 kilometer jalan yang belum terbangun. Target pembangunan itu, sambung Pandji, akan dituangkan melalui pembentukan dan pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Pandji menargetkan, setiap tahunnya ada 10 ribu UMKM baru terbentuk di Kabupaten Serang. Dijelaskan Pandji, UMKM menjadi alternatif untuk menyerap tenaga kerja di Kabupaten Serang, mengingat lowongan kerja di industri terbatas. “Pertambahan angkatan kerja tidak bisa semuanya terakomodir oleh industri. Makanya, sebagian angkatan kerja kita arahkan untuk berwirausaha,” jelas politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini.

Kendati demikian, Pandji memastikan, pihaknya tidak akan meninggalkan pembangunan infrastruktur pada periode kedua. Pihaknya sudah mencanangkan pembangunan infrastruktur jalan desa yang ditingkatkan menjadi jalan kabupaten. “Ada 400 kilometer jalan desa yang kita tingkatkan menjadi jalan kabupaten, 180 kilometer di antaranya sudah kita bangun,” tandas Ketua Organisasi radio Amatir Indonesia (Orari) Banten itu.

Terkait itu, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Serang Ahmad Zaini mengatakan, pembangunan jalan kabupaten sedang diupayakan untuk dituntaskan tahun ini. Selanjutnya, sambung Zaeni, ada 400 jalan desa yang ditingkatkan menjadi jalan kabupaten. “Kami dari komisi IV sangat setuju peningkatan jalan desa itu agar pembangunannya lebih mudah, bisa langsung ditangani oleh Pemkab Serang,” katanya. (jek/zai)