Tatu-Pandji Unggul Jauh

0
1.622 views

SERANG – Pasangan calon (Paslon) nomor urut 1 Ratu Tatu Chasanah-Pandji Tirtayasa (Tatu-Pandji) unggul jauh dari rivalnya Paslon nomor urut 2 Nasrul Ulum-Eki Baihaki (Nasrul-Eki) pada Pemilihan Kepala Daerah  (Pilkada) 2020 Kabupaten Serang. Kemenangan itu mengacu hasil quick Lingkaran Survey Kebijakan Publik (LSKP)- Lembaga Survey Indonesia (LSI) Denny JA dan real count yang dilakukan tim pemenangan pasangan calon nomor 1 tersebut. 

  Berdasarkan quick count LSKP-LSI Denny JA per pukul 18.00 WIB, Rabu (9/12/2020) sudah masuk 100 persen dan menyatakan Paslon Tatu-Pandji meraih 62,56 persen, sementara rivalnya Paslon Nasrul-Eki meraih 37,44 persen. 

  Quick count dilakukan dengan metode multistage random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 256 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari 3.065 TPS, serta margin error sebesar 1 persen. “Sampel tersebut secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih dan dipilih secara acak di seluruh kecamatan,” jelas peneliti LSKP-LSI Denny JA, Rico Pahlawan dalam konferensi pers di Bhayangkara 51, Kota Serang. 

 Sementara partisipasi pemilih dinyatakan mencapai 60,57 persen. Partisipasi pemilih Pilkada tahun ini diperkirakan lebih besar dari Pilkada sebelumnya, yang hanya berkisar sebesar 50,81 persen. “Tentu penyelenggara maupun pasangan calon harus diapresiasi,” ucapnya. 

 Sementara berdasarkan real count yang dilakukan Tim Pemenangan Tatu-Pandji, Paslon petahana juga unggul. Meski data masuk per pukul 18.00 WIB baru 59,93 persen, tetapi Tatu-Pandji meraih suara sebanyak 64,07 persen, sementara Nasrul-Eki meraih 35,93 persen. 

  Ketua Tim Pemenangan Tatu-Pandji, Yandri Susanto mengatakan, kemenangan Tatu-Pandji sudah diprediksi pada pesta demokrasi di Kabupaten Serang. “Jika melihat quick count, sudah pasti dan insya Allah tidak ada perubahan. Pemenang Pilkada Kabupaten Serang adalah Ibu Ratu Tatu Chasanah dan Bapak Pandji Tirtayasa,” tegas Yandri.

  Yandri meminta, seluruh struktur tim pemenangan Tatu-Pandji untuk mengawal proses rekapitulasi suara hingga Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pemenang pada Pilkada Kabupaten Serang tahun ini. “Pengumuman KPU secara langsung yang diakui oleh negara dan masyarakat. Tetap mengawal suara supaya tidak ada kecurangan satu suara pun,” pintanya. 

  Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Golkar Andika Hazrumy meminta, tim pemenangan, relawan, maupun simpatisan Tatu-Pandji tidak merayakan kemenangan secara berlebihan. “Tidak boleh ada euforia secara berlebihan untuk merayakan kemenangan. Kita syukuri kemenangan dan menunggu pengumuman resmi dari KPU,” pintanya.

 Sementara itu, Calon Bupati Nomor Urut 1 Ratu Tatu Chasanah menyampaikan terima kasih kepada tim pemenangan, partai politik koalisi pengusung, para relawan, ulama, serta masyarakat Kabupaten Serang yang bersemangat untuk melanjutkan pembangunan Kabupaten Serang. “Tidak ada yang kalah maupun yang menang, ini kemenangan kita semua. Ke depan, ini awal perjuangan untuk lima tahun ke depan, kita capai kesejahteraan masyarakat Kabupaten Serang secara bersama-sama,” ucapnya. 

  Tatu berharap, bersama Pandji bisa terus amanah dan berjanji akan sekuat tenaga memenuhi harapan masyarakat. “Apa yang menjadi kekurangan pembangunan sebelumnya, kita bersama ke depan perbaiki. Insya Allah, saya dan Pak Pandji ingin menorehkan hal baik yang bisa dikenang oleh masyarakat,” harapnya. 

 Ketua Komunitas Penggilingan Padi dan Beras Mandiri (KPPBM) Kabupaten Serang Afi Safiudin mengucapkan selamat atas kemenangan Tatu-Pandji pada Pilkada tahun ini. “Semoga beliau setelah dilantik bisa melanjutkan pembangunan di Kabupaten Serang dan bisa baik, amanah, serta bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Serang,” ucapnya.(rozak/nizar)