Tatu Penuhi Panggilan Bawaslu

0
265 views

SERANG – Calon Bupati Serang nomor urut 1 Ratu Tatu Chasanah memenuhi panggilan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Banten atas laporan kubu lawannya, Selasa (13/10/2020). Hasil diskusi dengan Bawaslu, Tatu siap berkomitmen melaksanakan Pilkada Kabupaten Serang sesuai aturan.

“Alhamdulillah, bisa silaturahmi dengan teman-teman Bawaslu Banten. Sebelumnya tidak hadir karena ada agenda kampanye yang sudah terjadwal, dan kami berkomitmen melaksanakan Pilkada sesuai aturan,” tegas Tatu di kantor Bawaslu Banten.

Tatu hadir dalam pemeriksaan atas laporan kubu lawannya, Nasrul Ulum-Eki Baihaki terkait kehadiran acara pelantikan Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Banten dan Pelantikan Kabupaten/Kota se Provinsi Banten yang berlokasi di wilayah Kota Serang.

Menurut Tatu, pada kesempatan tersebut dirinya dalam status cuti sebagai Bupati Serang sesuai tahapan kampanye Pilkada. Kemudian hadir sebagai undangan dalam kapasitas sebagai Ketua Dewan Pertimbangan DPD Bapera Provinsi Banten.

“Dalam undangan yang disampaikan, tidak ada agenda deklarasi dukungan. Saya lihat itu spontan dilaksanakan oleh teman-teman Bapera,” jelasnya.

Sementara laporan yang masuk ke Bawaslu Banten terkait dugaan kampanye di luar jadwal dan tidak menyampaikan izin kampanye. “Kapasitas ibu kan undangan sebagai ketua Dewan Pertimbangan DPD Bapera Provinsi Banten, bukan dalam rangka kampanye,” terangnya.

Tatu menegaskan, bersama tim pemenangan, selalu siap melaksanakan berbagai aturan yang ditetapkan KPU. Termasuk menjalankan kampanye sesuai protokol kesehatan.

“Kami berharap, Pilkada Kabupaten Serang ini berjalan sesuai aturan, tanpa hoax, tanpa ujaran kebencian, serta tanpa kegaduhan. Ini pesta demokrasi, dan mengibaratkan pesta, kita jalani dengan suasana hati bahagia, ceria dan riang gembira ,” tandasnya.

Ketua Tim Advokasi Tatu-Pandji Ismail Pamungkas menambahkan, terkait ketidakhadiran Tatu sebelumnya sudah disampaikan kepada Bawaslu dan menyampaikan penjadwalan ulang. “Kehadiran Ibu Tatu ini bagian dari ketaatan terhadap aturan, dan mengikuti proses di Bawaslu Banten. Alhamdulillah, Ibu Tatu ini sangat taat aturan,” ujarnya. (nizar)