Warga membersihkan Jalan KH Mochamad Harun yang tertutup lumpur. Longsor di Kampung Telagabiru tidak menimbulkan korban luka atau korban jiwa.

LEBAK – Hujan deras Senin (13/5) sore yang mengguyur wilayah Rangkasbitung dan sekitarnya mengakibatkan tebing setinggi lima meter di Kampung Telagabiru, Kelurahan Cijoro Lebak, Kecamatan Rangkasbitung, longsor pada pukul 19.00 WIB. Akibat kejadian tersebut Jalan KH Mochamad Harun tidak bisa dilalui karena tertutup lumpur.

Nanang, warga Kampung Telagabiru, mengungkapkan, warga yang kaget dengan kejadian tersebut langsung berhamburan keluar rumah. Mereka melihat lumpur sudah menutupi badan jalan. Bahkan, lumpur masuk ke dalam rumah Nuryanti yang berjarak hanya beberapa meter dari lokasi longsor.

“Warga kemudian bergotong royong menyingkirkan lumpur dari badan jalan. Namun upaya tersebut tidak maksimal. Karena itu warga melaporkan peristiwa tersebut kepada Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Lebak agar mengirimkan bantuan,” ujar Nanang kepada wartawan, Senin (13/5) malam.

“Akses transportasi masyarakat untuk sementara dialihkan ke jalur yang lain. Kalau dipaksakan kami khawatir membahayakan keselamatan pengendara, karena kondisi jalan licin,” terangnya.

Nuryanti, warga Telagabiru lainnya mengaku kaget dengan musibah longsor. Saat kejadian, dia sedang ngobrol dengan anggota keluarganya di dalam kamar. Namun tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari luar yang diikuti masuknya air bercampur lumpur ke rumah uang ditempatinya.

“Kaget mendengar suara gemuruh dari luar rumah. Enggak lama kemudian air bercampur lumpur masuk ke ruang tamu dan kamar. Peralatan rumah tangga, tempat tidur, dan lantai kotor,” jelasnya.(Mastur)