Teddy Minahasa Resmi Jabat Kapolda Banten

Kapolda Banten yang baru Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra (tengah) bersama Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kanan) usai prosesi penyerahan Pataka Polda Banten, di lapangan Mapolda Banten, Selasa (21/8).

SERANG – Kapolda Banten resmi dijabat Brigjen Teddy Minahasa Putra. Jaminan keamanan pelaksanaan Asian Games 2018 dan Pilpres 2019 menjadi prioritas tugas mantan ajudan Wapres Jusuf Kalla itu.

“Kita harus memberi jaminan keamanan karena peserta Asian Games ada dari mancanegara. Ada sembilan negara yang ikut bertanding,” kata Teddy usai acara lepas sambut Kapolda Banten di Mapolda Banten, Selasa (21/8).

Teddy mengatakan, salah satu venue Asian Games akan dilaksanakan di Kabupaten Tangerang dan menjadi tanggung jawab langsung Polda Banten. “Tanggung jawab polda untuk keamanan dan kenyamanan selama berlangsung Asian Games,” kata Teddy.

Jaminan keamanan juga harus diberikan pada penyelenggaraan Pilpres 2019. Apalagi, tahapan Pilpres sudah dimulai Agustus 2018. “Itu jadi bagian penting operasi kepolisian. Polda Banten telah memperkirakan ancaman apa saja dan harus dieliminasi potensi kejadian,” ungkap Teddy.

Teddy mengungkapkan, selain dua agenda penting tersebut, kepolisian harus melakukan deteksi dini terhadap terorisme dan cyber war yang telah menjadi ancaman global. “Bukan hanya menjadi tangung jawab Polda Banten saja. Di mana pun sudah berpotensi terjadi. Agenda utama kita menjalankan tugas preventif,” kata Teddy.

Sementara, Brigjen Listyo Sigit Prabowo berharap penggantinya mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang bakal dihadapi. “Saya ucapkan selamat, dengan harapan beliau akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang akan dihadapi,” kata Listyo dalam sambutannya.

Apreasiasi diberikan Listyo kepada seluruh jajarannya lantaran selama 22 bulan menjabat sebagai Kapolda Banten, kondisi Banten kondusif. “Mulai dari gelombang 411, gelombang 212 dan pelaksanaan pilgub. Dengan kekompakan bersama, Banten yang dianggap paling rawan nomor tiga, semua bisa berjalan dengan aman dan kondusif,” beber Listyo.

Listyo berpesan kepada seluruh jajarannya untuk terus melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai anggota Polri dan membantu tugas Kapolda Banten dalam menciptakan suasana kondusif jelang Pilpres 2019. “Saya ucapkan terima kasih dan memohon rekan-rekan untuk membantu kapolda baru agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Bahkan lebih baik lagi,” ucap Listyo. (Merwanda/RBG)