Tega! Bayi Berusia Sehari Ditinggal di Depan Ruko Cinangka

DI LANTAI: Bayi laki-laki di depan ruko di Pertigaan Teneng, Desa/Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Polisi akan mengevakuasi bayi dari lantai ruko, Rabu (22/3) subuh. FOTO: POLSEK CINANGKA FOR RADAR BANTEN

SERANG – Kelakuan oknum orangtua yang tidak bertanggung jawab terulang. Seorang bayi laki-laki yang diperkirakan berusia satu hari ditinggal pergi di depan sebuah ruko, kemarin (22/3). Bayi itu diselamatkan oleh warga.

Warga Desa Cinangka, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, menemukan bayi laki-laki itu karena tangis kencangnya sekira pukul 05.00 WIB. Bayi dengan kulit merah itu hanya dibalut selimut tebal berwarna biru. Orangtuanya meninggalkan bayi di salah satu sudut sebuah ruko yang terletak di Pertigaan Teneng, Desa Cinangka. Warga kemudian melaporkan penemuannya kepada polisi.

Kapolsek Cinangka Ajun Komisaris Polisi (AKP) Maruli Manurung mengatakan, bayi laki-laki itu telah diserahkan kepada pihak Puskesmas Cinangka agar mendapat perawatan. Kasus pembuangan bayi ini masih diselidiki.

Untuk mengungkapnya, Maruli meminta bantuan masyarakat untuk menginformasikan jika ada persalinan yang mencurigakan di daerahnya. “Kita juga mencari (informasi persalinan-red) sampai ke Labuan dan Panimbang (Kabupaten Pandeglang-red). Kita sisir untuk mencari siapa yang tahu kabar persalinan, untuk mencari pelakunya,” pungkasnya.

Kepala Puskesmas Cinangka Yaya Rusyiana menginformasikan bahwa pihaknya menerima bayi laki-laki malang tersebut pada pukul 06.00 WIB. “Ari-arinya juga sudah dipotong, sudah diklem juga. Perkiraan, baru dilahirkan tadi malam (Selasa, 21/3-red),” katanya.

Yaya mengatakan, pihaknya tidak memberikan penanganan medis. Bayi laki-laki itu sehat, meskipun hasil pemeriksaan mengindikasikan terserang penyakit yang terjangkit tiba-tiba. Pihak Puskesmas Cinangka akan merujuknya ke rumah sakit. “Sementara, kita kasih susu saja. Nanti akan dirujuk ke Dinas Sosial,” ujarnya. (Rozak/Radar Banten)