Tekan Angka Kekerasan pada Anak, BPMPKB Libatkan Pesantren

SERANG – Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kota Serang menyatakan pihaknya akan bekerja sama dengan para pesantren di Kota Serang. Tujuannya, demi menekan angka kekerasan pada anak di Kota Serang.

“Saat ini kami fokus untuk menghentikan dan mengurangi angka kekerasan pada anak. Sebab sejauh ini kekerasan anak relatif sulit didata. Sebab masyarakat Kota Serang masih enggan untuk melaporkan jika terjadi kekerasan pada anak,” ujar kepala BPMPKB Kota Serang usai menghadiri kegiatan peringatan Hari Anak Nasional di gedung PKPRI, Pasar Rau, Senin (22/8/2016).

Alam menjelaskan BPMPKB akan melibatkan para pesantren di Kota Serang untuk memberikan pencerahan pada para warga tingkat kecamatan dan lingkungan sekitar. Pesantren punya peran yang lebih kuat dan sesuai untuk menyikapi persoalan kekerasan pada anak.

“Nanti kami akan berkordinasi pada para pesantren di Kota Serang terkait solusi kekerasan anak, kemudian biar mereka yang akan menyosialisasikan dan memberikan pencerahan pada warga dan lingkungan sekitar,” tuturnya.

Sementara itu Walikota Serang TB Haerul Jaman mengimbau pada para orang tua agar selalu menjaga, membimbing dan membina anak-anak.

“Orang tua harus selalu memberikan motivasi dan membina anak-anak agar menjadi generasi yang kuat dan cerdas. Terutama persoalan kekerasan pada anak ini harus diakhiri, maka dari itu pemkot juga akan terus mendorong para instansi terkait agar bisa mengurangi kekerasan pada anak di Kota Serang,” ujarnya. (Ade F)