Telkomsel Perkuat Kapabilitas Digital Pelaku UMKM via MikroMaju 

0
3317

JAKARTA – Telkomsel mendorong pemanfaatan teknologi digital kepada pelaku UMKM melalui program corporate social responsibility (CSR) terbaru bernama MikroMaju. 

Inisiatif tersebut mendorong literasi bisnis digital bagi para pelaku usaha nano dan mikro dalam bentuk peer-to-peer sharing session mingguan untuk memudahkan mereka mengembangkan bisnis melalui transformasi kegiatan operasional berbasis pemanfaatan teknologi digital. 

Webinar MikroMaju dilaksanakan dari 28 Februari sampai dengan 21 Maret 2021 setiap hari Minggu melalui CloudX. Kumpulan rekaman webinar MikroMaju dapat diakses melalui platform YouTube di channel Mikro Maju https://tsel.me/youtubemikromaju .

General Manager Corporate Social Responsibility Telkomsel Andry P Santoso mengatakan, MikroMaju menjadi upaya lanjutan dari Telkomsel sebagai leading digital telco company untuk membuka lebih banyak peluang bagi para pelaku UMKM dalam menumbuhkan usaha melalui pengembangan literasi dan kapabilitas digital. 

“Program ini juga menjadi kontribusi nyata dari Telkomsel dalam mendukung pemerintah untuk mendorong UMKM sebagai garda terdepan pemulihan ekonomi nasional, khususnya beradaptasi dengan tantangan bisnis di masa pandemi seperti saat ini,” ungkap Andry dikutip dari siaran pers. 

Telkomsel memastikan program MikroMaju mendorong literasi digital secara strategis sehingga peserta bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Maka dari itu, inisiatif tersebut dijalankan dengan metode peer-to-peer sharing session yang menghadirkan para pembicara inspiratif dari kalangan sesama pelaku UMKM yang lebih dulu sukses menjalankan transformasi digital di dalam usahanya, hingga praktisi dari berbagai sektor digital yang dapat memberi wawasan baru dalam pemanfaatan platform digital. 

Program MikroMaju sendiri terdiri dari serangkaian seminar daring yang meliputi webinar pembuka bertajuk “Bagi-bagi Rahasia Sukses Digital Sesama UMKM” serta tiga webinar sharing session. Di setiap webinar, para peserta tidak hanya mendapatkan inspirasi dari para pembicara yang kompeten, namun juga berkesempatan untuk saling berbagi pengalaman dalam memulai dan mengembangkan usaha hingga upaya pemanfaatan akses digital yang telah dilakukan agar bisa mendapatkan berbagai masukan yang membangun dari para pemateri. 

“MikroMaju memberikan manfaat yang nyata karena menghadirkan materi-materi bisnis yang aplikatif dan juga mudah dipahami, apalagi bagi para pelaku usaha mikro, baik yang sedang berkembang atau baru memulai usahanya. Saya berharap MikroMaju dapat diselenggarakan tiap tahun, atau bahkan tiap bulan, agar dapat menjangkau lebih banyak lagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Saya juga berharap bagi para pelaku UMKM agar bisa terus maju bersama-sama, khususnya melalui inisiatif seperti MikroMaju ini,” ujar salah seorang peserta program MikroMaju, Theo Alfian dari Takado, penyedia bermacam kemasan produk. 

Peserta lain, Agung Purnomo Saputro, juga mengharapkan keberlanjutan dari MikroMaju. “MikroMaju menginspirasi saya untuk memaksimalkan digital marketing melalui berbagai teknologi yang tersedia. Manfaat lain yang juga saya dapat dari MikroMaju adalah berbagai tips dalam penguatan brand dari para narasumber. Harapannya, program MikroMaju ini dapat terus diadakan dan melakukan pelatihan secara offline untuk para pelaku UMKM,” ungkap Agung dari Mokko Cleaning Solution, penyedia berbagai produk kebersihan rumah tangga 

Guna memaksimalkan penggunaan teknologi digital oleh para pelaku UMKM, Telkomsel membuka kesempatan yang luas bagi para peserta MikroMaju dan pelaku UMKM lainnya untuk memanfaatkan platform 99% Usahaku dari Telkomsel. Sebagai solusi inovatif yang merangkul UMKM untuk go digital dan mampu menjadi ujung tombak dalam menumbuhkan ekonomi nasional secara berkelanjutan, 99% Usahaku menyediakan one stop digital platform yang menghadirkan konten edukatif, forum diskusi, serta berbagai solusi layanan UMKM. (aas)