Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel Arief Pradetya.

JAKARTA – Telkomsel menyediakan solusi bisnis terlengkap melalui MyBusiness untuk mendukung produktivitas dan perkembangan bisnis para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

Beragam solusi bisnis tersebut dihadirkan dalam ekshibisi yang berlangsung di Hotel Crowne Plaza Bandung      (2/11), Hotel Aston Samarinda (8/11), Hotel Grand Central Pekanbaru (16/11), dan Hotel Novotel Solo (23/11).

“Seiring meningkatnya kebutuhan UKM dalam meningkatkan kinerja bisnisnya, kami berupaya menyediakan solusi lengkap namun terjangkau sesuai dengan kebutuhan pelaku UKM. Solusi-solusi digital dalam MyBusiness kami harapkan dapat menjadi solusi terlengkap bagi UKM untuk memaksimalkan potensinya dan membuat UKM tetap fokus kepada keahliannya dalam membuat dan memasarkan produk,” kata Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel Arief Pradetya melalui siaran pers, Senin (30/10).

MyBusiness bagi UKM, lanjut Arief, Telkomsel menyediakan berbagai pilihan solusi yang terbagi menjadi dua kategori besar, yakni “Mulai Usaha Anda” dan “Kembangkan Usaha Anda”. Solusi “Mulai Usaha Anda“ menyediakan solusi terintegrasi bagi pelaku UKM yang baru merintis usaha, sedangkan solusi “Kembangkan Usaha Anda” menyediakan berbagai solusi bagi pelaku UKM yang ingin mengembangkan bisnis.

Solusi “Mulai Usaha Anda” terdiri dari Paket MITRA, Wireless Broadband, dan Business Connect. Paket MITRA tersedia bagi para pemilik usaha yang memberikan tunjangan komunikasi secara rutin terhadap karyawannya. Paket MITRA memberikan kenyamanan, di mana manfaatnya dinikmati oleh nomor karyawan dan biayanya dibebankan ke nomor pemilik usaha. Di samping itu, manfaat paket ini sangat disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi dan akses internet dari karyawan UKM, serta besaran kuota penggunaan dapat dimonitor setiap saat oleh pemilik usaha.

Sementara layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pelaku UKM. Sedangkan Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, mulai dari email hingga penjadwalan, dokumen, serta aplikasi kolaborasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Untuk meningkatkan produktivitas saat mengembangkan bisnis, solusi “Kembangkan Usaha Anda” menyediakan layanan Telkomsel Office 365, Telkomsel MPOS Solution, Telkomsel Employee Management, Telkomsel Accounting Solution, Telkomsel E-Commerce Solution, dan Telkomsel E-Health. Telkomsel Office 365 menyediakan versi terbaru dari aplikasi Microsoft Office, layanan email 50 GB dan storage berkapasitas 1 Terabyte, serta layanan kolaborasi berbasis video (Skype for Business). Telkomsel MPOS Solution merupakan aplikasi kasir yang memberikan kenyamanan dalam mengelola transaksi melalui tablet atau smartphone. Telkomsel Employee Management mempermudah UKM dalam memiliki sistem kehadiran atau absensi yang terjangkau melalui aplikasi mobile, mengelola rekaman data karyawan, serta penghitungan dan pembayaran gaji karyawan dengan efektif.

Telkomsel Accounting Solution merupakan solusi akuntansi berbasis cloud yang mempermudah UKM melakukan pencatatan dan pembuatan berbagai laporan keuangan. Telkomsel E-Commerce Solution merupakan platform yang memungkinkan UKM membuka toko online dengan branding usaha sesuai keinginan dan langsung berjualan produk serta jasa pada hari yang sama.

Terakhir, Telkomsel E-Health merupakan solusi yang dibuat secara khusus untuk praktek dokter, klinik, atau Puskesmas yang memungkinkan mereka memiliki sistem manajemen kesehatan seperti rumah sakit besar dengan biaya terjangkau.

“Solusi yang disediakan dapat mulai dinikmati dengan jumlah minimal, dibayar bulanan, dan disesuaikan seiring kebutuhan dan dioperasikan dengan mudah tanpa perlu integrasi yang rumit. Artinya UKM yang memulai usaha atau mengembangkan bisnisnya tidak perlu melakukan investasi besar di depan dari sisi teknologi atau IT, seperti untuk perangkat lunak atau perangkat keras, atau keharusan melakukan rekrutmen tambahan orang untuk fungsi pendukung,” tambah Arief. (Aas Arbi)