Tembok, Media Kreativitas Pemuda Kamalaka

TAKATAKAN – Bagi pemuda, Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 menjadi ajang penyaluran bakat melukis. Seperti pemuda Lingkungan Kamalaka, RT 03 RW 06, Kelurahan Panggungjati, Kecamatan Taktakan. Mereka mendekorasi lingkungannya dengan menghias tembok pembatas jalan dengan cat.

Ketua RT 03 RW 06, Lingkungan Kamalaka, Ali Nazar menyadari pentingnya peran pemuda. Kekompakan pemuda menjadi salah satu modal untuk meraih poin tinggi dari kategori kelompok pemuda penggerak lingkungan Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Pemuda di Kamalaka, sebut Ali, sangat antusias menyambut LRLA. Setiap hari Sabtu dan Minggu, pemuda di kampung ini yang libur bekerja, aktif bergotong royong membersihkan lingkungan.

“Keterlibatan dan peran pemuda sangat besar dalam penataan di Kamalaka. Ide melukis di tembok juga dari para pemuda,” kata Ali kepada Radar Banten, Rabu (25/3).

Tembok yang akan dijadikan media kreativitas pemuda Kamalaka terletak di pinggir jalan. Rencananya, akan dihiasi grafiti dan tulisan tentang pola hidup bersih dan sehat.

“Kita sudah mulai berbenah sejak dua pekan lalu,” jelas Ali. Hasilnya, Kamalaka yang dihuni oleh 800 jiwa dari 165 kepala keluarga terlihat rapi dan berwarna. Beberapa grafiti telah terpampang di tembok. Di depan gang, berdiri gapura. Dan di pinggir jalan di Kamalaka sekira 200 meter, terpasang pagar bambu warna-warni.

“Alhamdulillah, meski lingkungan RT 03 ini termasuk luas, tapi saya targetkan, akhir Maret sudah selesai penataannya,” ujar Ali.

Ali dan warga Kamalaka masih bergotong royong membersihkan jalan di lingkungan mereka dari rumput dan tanaman liar. Lukisan grafiti di tembok di pinggir jalan juga akan dilanjutkan. Di beberapa titik di sepanjang jalan yang sama, bakal dilengkapi tempat sampah. “Semoga, prosesnya lancar dan selalu kompak,” harapnya.

Lura Panggungjati H Jaenuri menambahkan, pihaknya akan ikut membantu penghijauan di Kamalaka. Kelurahan Panggungjati menyediakan satu bibit tanaman anggur untuk satu rumah di Kamalaka.

“Semoga, (Kamalaka-red) jadi juara dan kebersihan serta keamanannya terjaga selamanya,” pungkas Jaenuri. (mg06/don)