Tempat Pengepul Ban Bekas Terbakar

0
192 views

SERANG  – Tempat pengepulan ban bekas di wilayah Gorda Lio, Kecamatan Kibin, terbakar, Minggu (28/7) sekira pukul 04.50 WIB. Api diduga berasal dari pembakaran sampah yang menjalar hingga lokasi kejadian.

Pantauan Radar Banten di lokasi kebakaran, tampak sebagian besar ban bekas di lokasi kebakaran meleleh. Kepulan asap hitam masih terlihat dari ban yang sudah menempel di tanah.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma mengatakan, pihaknya menerjunkan dua unit waterpump berkapasitas 5.000 liter dan 5.500 liter untuk melakukan pemadaman.

“Alhamdulillah, api berhasil dipadamkan. Api diduga berasal dari pembakaran sampah,” ujar Nana yang dikonfirmasi Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, Minggu (28/7).

Kata Nana, pihaknya menerima laporan kebakaran dari warga sekira pukul 05.15 WIB. Tiga puluh menit kemudian tim pemadam kebakaran (damkar) diterjunkan ke lokasi kejadian. Api berhasil dipadamkan setelah setengah jam kemudian, tepatnya pukul 06.15 WIB. Pihaknya dibantu unit Damkar Modern Cikande, Polsek Kibin, dan warga setempat untuk memadamkan api. “Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini,“ tegasnya.

Nana mengaku, belum bisa memastikan total kerugian akibat kebakaran. Kondisi tempat pengepulan ban bekas saat ini mengalami rusak ringan dan beberapa ban hangus terbakar. “Semoga warga lebih berhati-hati kalau mau membakar sampah agar terhindar dari musibah kebakaran,” imbaunya.

Camat Kibin Imron Ruhyadi mengaku prihatin dengan peristiwa kebakaran pengepul ban di wilayahnya. Ia mengimbau agar warga tidak membakar sampah pada musim kemarau saat ini. “Kami juga sedang mencari solusi pengolahan sampah,” ujarnya.

Di tempat lain, terjadi kebakaran alang-alang di lahan kosong seluas sekira 500 meter persegi akibat pembakaran sampah oleh warga di Kampung/Desa Pelawad, Kecamatan Ciruas, Minggu (28/7) pukul 15.30 WIB. “Hampir menjalar ke permukiman warga,” kata Nana.

Pihaknya menerima laporan kebakaran dari salah satu warga pukul 17.00 WIB dan langsung meluncur ke lokasi kebakaran dengan menerjunkan dua unit water foam berkapasitas 5000 liter untuk memadamkan api. Setengah jam kemudian api berhasil dipadamkan tepatnya pukul 17.30 WIB. “Tidak ada korban jiwa akibat kejadian ini,” pungkasnya. (mg06/zai/ira)