Tempat Sampah Jadi Taman Bunga, CCTV Disebar

0
883 views

SERANG – Keseriusan warga RT 02 RW 07, Kelurahan Sumurpecung, Kecamatan Serang, mengikuti Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 dibuktikan. Mereka membangun tempat pembuangan sampah liar menjadi taman bunga. Dan agar lingkungannya aman, belasan kamera pengintai (CCTV) dipasang di beberapa lokasi rawan kemungkinan tindak kejahatan.

“Di lomba kali ini, dari sisi kebersihan, kami punya motto “Berseri”. Kepanjangan dari bersih, rapi, serasi, dan indah. Penjabarannya dalam bentuk mengubah tempat pembuangan sampah menjadi taman bunga dan spot selfie. Warga sepakat tidak akan membuang sampah sembarangan lagi. Di rumah-rumah warga akan dibangun taman obat, taman berbuah, juga taman berbunga. Tergantung kemauan warganya lah,” tutur Dr Itang M.Ag, Ketua RT 02, Kamis (16/4).

Komitmen tidak membuang sampah sembarangan dari warga perkampungan di Lingkungan Ciceri Jaya itu, ditandai dengan pernyataan bersama untuk menjaga dan memelihara kebersihan kampung mereka. Ditandai dengan pembubuhan tanda tangan semua warga di taman bunga.

“Lembaran itu dipasang dan sebagai pengingat kalau ada warga yang akan membuang sampah sembarangan,” jelas Itang.

Untuk menjamin keamanan warga dan lingkungan RT 02, pos ronda dibangun. Jadwal ronda malam yang melibatkan semua warga laki-laki juga dibuat. “Kegiatan ronda dilakukan 24 jam, siang dan malam. Kami juga sudah memasang CCTV di 18 titik untuk memberikan keamanan kepada warga,” ungkap Itang.

Keseriusan dan komitmen warga RT 02 untuk mengubah lingkungannya menjadi lebih baik, diakui oleh Ketua RW 07 Sabar Suharwono. Ia pun berharap, semangat warga bergotong royong itu bisa terus terjaga meskipun LRLA berakhir. “Semoga, antusiasme warga ini bisa terus terjaga. Sehingga, Lingkungan Ciceri Jaya bisa menjadi lingkungan yang bersih indah dan aman,” ujarnya. (rio/don)