Tenaris SPIJ Berikan Beasiswa

0
2334
Walikota Cilegon Helldy Agustian saat menghadiri acara pemberian beasiswa dan bantuan pendidikan dari PT Tenaris SPIJ, Selasa (16/3).

CILEGON – PT Tenaris SPIJ memberikan bantuan pendidikan berupa beasiswa dan renovasi sekolah.

Institutional Relations Senior Manager Tenaris SPIJ Pungky Hermawan menjelaskan, program bantuan pendidikan melalui Merit Award sudah rutin dilakukan.

Tahun ini bantuan beasiswa diberikan kepada 180 siswa dari 10 sekolah terdiri dari empat sekolah menengah pertama, tiga sekolah menengah atas dan tiga sekolah menengah kejuruan dengan total nilai lebih dari Rp598 juta

“Ini merupakan salah satu program investasi sosial perusahaan untuk mendukung peningkatan pendidikan di Kota Cilegon,” ujar Pungky melalui keterangan resmi, Rabu (17/3).

Sementara itu, Walikota Cilegon Helldy Agustian meminta agar industri lain di Kota Cilegon ikut menyelesaikan persoalan pendidikan di Kota Cilegon.

Helldy melihat masalah pendidikan di Kota Cilegon masih menumpuk, diantaranya soal infrastruktur dimana masih ada daerah yang belum mempunyai SMP negeri, hingga persoalan rata-rata lama sekolah.

Helldy menjelaskan, rata-rata lama sekolah masyarakat di Kota Cilegon selama 9,7 tahun.

“Rata-rata kelas satu SMA berhenti,” ujar Helldy.

Faktor yang membuat rendahnya lama sekolah beragam, mulai dari keberadaan sekolah menengah yang tidak sesuai dengan sekolah dasar. Helldy menyebutkan, saat ini di Kota Cilegon ada sebanyak 150 SDN. Namun, hanya ada 11 SMPN.

Sehingga, dengan keterbatasan SMP yang ada menyebabkan siswa pinter masuk ke negeri dan yang kurang masuk swasta.

Persoalan lainya adalah persoalan ekonomi masyarakat. Karena itu, beasiswa pendidikan dari industri sangat penting agar masyarakat tetap mempunyai kesempatan mengenyam pendidikan.

Karena itu, Helldy meminta peran serta industri di Kota Cilegon untuk ikut menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kita mengajak industri di Kota Cilegon untuk bersama-sama memberikan kontribusi terutama dalam pendidikan,” ujar Helldy.

Sejauh, lanjut Helldy, ia baru mengetahui program bantuan pendidikan dari industri hanya dari Tenaris SPIJ. Menurutnya, belum ada dari industri lain yang telah datang ke pemerintah tentang program tersebut. (Bam)