Mulina, atlet putri Kota Cilegon sedang mematangkan persiapan menuju Porprov V Banten 2018 saat berlatih di GOR ASA Sport Center Kota Cilegon.

CILEGON – Pengurus cabang (Pengcab) Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Kota Cilegon telah mempersiapkan delapan atletnya untuk mengarungi kompetisi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Banten 2018. Medali emas menjadi target bagi kontingen Kota Cilegon.

Pelatih cabang olahraga (cabor) tenis meja Kota Cilegon Zaenul Arifin mengatakan, delapan atlet yang akan diberangkatkan ke Kabupaten Tangerang pada November mendatang merupakan empat atlet putra dan empat atlet putri. Seluruh kelas pertandingan akan diikutsertakan.

“Kita main di beregu putra, beregu putri, tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Semua kelas akan kita ikuti,” ujar Zaenul ditemui di GOR ASA Sport Center Kota Cilegon saat memantau atlet berlatih, Senin (20/8).

Zaenul mengaku, persiapan menyambut pesta olahraga terbesar di Banten tersebut telah dilakukan dengan matang. Hingga saat ini, pelatihan masih terus berjalan. Tidak ada kendala yang ditemui bagi atlet perwakilan Kota Cilegon.

“Latihan sudah dilakukan sejak jauh hari. Persiapan sudah kita kumpulkan. Latihan masih akan terus berlanjut hingga dua bulan ke depan. Saat ini, persiapan yang sudah kami jalani sudah lebih dari 50 persen, tinggal pematangan saja insya Allah,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, latihan yang sedang berjalan saat ini bertujuan untuk menyatukan kekompakan para atlet yang akan bersanding di kelas ganda dan campuran. Kekompakan penting dilakukan sebagai kunci kemenangan. “Tinggal kekompakan dalam tim, di beregu dan ganda. Kita juga saat ini masih mencari siapa yang akan turun di ganda putra dan putri. Tapi, bayangannya kami sudah ada,” ucapnya.

Zaenul mengungkapkan, misi yang akan dibawa pada perhelatan empat tahun sekali itu untuk menggondol dua medali emas. Baginya, itu bukanlah target yang muluk. Zaenul optimistis kontingen asal Kota Baja mampu mengamankan target tersebut.

“Targetnya kita dibebankan dua medali emas oleh KONI Kota Cilegon. Insya Allah kita mampu, harapan besarnya dari atlet putri, beregu, dan perorangan. Di ganda putra dan putri kita juga ada kans. Karena walau dua-duanya jago, tetap kekompakan yang terutama,” tuturnya.

Dari delapan kabupaten dan kota sebagai peserta Porprov V Banten, Zaenul mengaku akan lebih mewaspadai kontingen asal Kota Serang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang selaku tuan rumah. “Karena Kota Serang ini tidak main-main baik atlet putra dan putrinya,” ucapnya. (rbs/ibm/ira)