Tentukan Pinjaman Online Terbaik Lewat Cara Ini   

0
2195

Mungkin Anda sudah tidak asing mendengar pinjaman online. Ya, saat ini pinjaman online sedang naik daun. Apalagi di tengah wabah Corona yang tak kunjung berakhir sehingga PHK di mana-mana sedangkan kebutuhan hidup juga harus terpenuhi, pinjaman online langsung cair tanpa ribet datang sebagai solusi tersebut. Namun, tidak semua pinjol bisa langsung dipercaya karena banyak pinjol ilegal yang justru akan merugikan Anda. Untuk itu, tentukan pinjaman online terbaik lewat cara berikut:

1. Terdaftar di OJK

Saat menentukan pinjol terbaik pilihlah yang sudah terdaftar dan diawasi OJK. Apabila terdaftar di OJK, maka pinjol mendapat pengawasan sehingga mereka tidak bisa bertindak curang atau merugikan nasabahnya. 

Untuk melihat daftar pinjaman online yang terdaftar dan diawasi OJK, silakan cek di situs resminya ojk.go.id.

2. Syarat Pengajuan Tidak Sulit

Meskipun masing-masing pinjol memiliki persyaratan yang tidak sama, tapi rata-rata mensyaratkan KTP, NPWP, slip gaji dan rekening koran saja. 

Syarat pengajuan pinjaman  yang tidak sulit ini, mempermudah Anda untuk memenuhinya. Cukup siapkan syarat dokumen tersebut dalam bentuk digital pdf dan jpg.

3. Tidak Meminta Data Perbankan

Pinjol terbaik OJK tidak akan meminta uang muka untuk syarat pencairan dana pinjaman dan tidak pernah meminta data perbankan, seperti nama ibu kandung, nomor kartu kredit dan data lainnya.

Umumnya mereka hanya meminta nomor rekening saja dan ktp. Maka jangan sampai Anda memilih pinjaman online yang meminta data perbankan Anda.

4. Punya Layanan Konsumen

Saat menentukan pinjaman online terbaik, sebaiknya pilih perusahaan yang menyediakan layanan konsumen yang jelas dan mudah dihubungi, seperti nomor telepon ada, email dan alamat kantor.

Hal ini bertujuan, supaya jika nanti terjadi masalah, Anda mudah menghubungi dan mendapatkan respon cepat. Sedangkan pinjol ilegal tidak mempunyai layanan konsumen ini hingga identitasnya ingin tidak dikenal dan cenderung ditutup tutupi.

5. Situs Dikunci

pinjaman online langsung cair tanpa ribet yang resmi diwajibkan OJK untuk melakukan langkah security di website dan database guna melindungi data nasabahnya, termasuk lolos audit dan sertifikasi ISO teknologi informasi. Hal ini sebagai jaminan bahwa keamanan data konsumen adalah prioritas utama perusahaan.

Karenanya, tentukan pinjaman online yang  terbaik mempunyai tanda gembok terkunci di sisi kiri atas alamatnya. Jika ada, artinya keamanan situs pinjol lebih terjamin dan jika ada tanda gembok terbuka atau ada tanda coret berarti keamanannya berisiko. 

6. Pahami Kontrak Pinjaman

Sebelum tanda tangan kontrak pinjaman, baca dengan teliti dulu isi kontrak perjanjian tersebut. Ajukan pertanyaan jika Anda merasa kurang jelas karena kontrak adalah dasar hukum pinjam-meminjam, maka segala hak dan kewajiban pihak yang terlibat diatur dalam kontrak.

Salah satu pinjaman online terbaik yang bisa Anda coba adalah Tunaiku yang menawarkan pinjaman 2 juta hingga 20 juta dengan masa tenor 6 sampai 20 bulan.

Lebih dari itu, Tunaiku dikelola oleh Amar Bank sehingga mengurangi risiko pinjaman online yang selama ini seringkali dihadapi nasabah saat berhadapan dengan Fintech P2P.

Semua proses pengajuan pinjaman di Tunaiku akan dilakukan secara singkat dan langsung cair tanpa ribet. Tunaiku tentunya dapat jadi salah satu solusi terbaik untuk memenuhi dana darurat di kehidupan Anda. *