Terancam Longsor, Letak SDN Surakarta 1 Makin Mengkhawatirkan

SDN Surakarta 1
Tiga ruang kelas SDN Surakarta 1, Kecamatan Pagelaran nyaris longsor, kemarin. (Foto: Herman)

PAGELARAN – Letak tiga ruang kelas Sekolah Dasar Negeri (SDN) Surakarta 1 yang ada di Kampung Walang, Desa Surakarta, Kecamatan Pagelaran makin mengkhawatirkan. Ancaman longsor semakin parah, karena jarak antara fondasi sekolah dengan tembing tinggal 50 sentimeter lagi.

Situasi ini tentunya sangat berbeda dengan kondisi satu bulan lalu, yang sebelumnya ancaman longsor masih sekira lima meteran.

Ditemui di halaman sekolah, Ketua Komite SDN Surakarta 1 Muis menerangkan longsor di sekitar bangunan sekolahnya terjadi setiap hari. Paska longsor pertama, sekolah yang dihuni 82 orang siswa tidak berhenti digerus longsor. “Kami berharap ancaman longsor ini segera ditangani. Minimal dibangun TPT (tembok penahan tanah-red). Upaya itu agar, ancaman longsor tidak terjadi,” kata Muis, Rabu (3/2/2016) seperti dilansir Harian Radar Banten.

Ia mengaku, sudah menyampaikan laporan tertulis kepada Pemkab Pandeglang terkait dengan kondisi sekolah yang dikelolanya. “Laporan tertulis yang disampaikan ke Pemkab ditandatangani saya dengan kepala sekolah Asep Saepudin. Namun, memang teknis penyampaiannya melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Kecamatan Pagelaran,” katanya.

Baca juga: Bangunan Sekolah Dasar di Kecamatan Pagelaran Ini Terancam Longsor

Dihubungi melalui telepon seluler, Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Pagelaran Acep Jumhani mengatakan sudah menyampaikan usulan pembangunan TPT SDN Surakarta 1 ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Pandeglang. “Sudah kami usulkan laporan tertulis tersebut, bahkan menurut Dindikbud anggarannya sudah disiapkan dan akan ditangani secepatnya pada 2016 ini,” katanya tanpa menyebut besaran anggaran TPT yang akan dialokasikan. (RB/mg-05/zis/ags)