Terganggu Bau Kotoran Ayam, Ratusan Warga Demo di Pemkab Serang

0
482 views

SERANG – Ratusan warga Kecamatan Cikande dan Kecamatan Jawilan berunjuk rasa di depan Gedung Pemkab Serang, Alun-alun Barat Kota Serang, Kamis (19/1). Mereka menuntut agar PT Gizindo Sejahtera Jaya berhenti berproduksi, sebab pabrik tersebut dinilai mengabaikan kesehatan warga sekitar. Banyak warga yang sakit-sakitan karena menghirup bau kotoran ayam yang bersumber dari PT Gizindo Sejahtera Jaya.

“Dua tahun sudah cukup menderita karena bau kotoran yang menyengat. Kami merasa tersiksa dengan adanya bau kotoran tersebut. Kami datang ke sini ingin ada kebijakan pemerintah untuk menindaklanjuti keberadaan pabrik tersebut. Soalnya pabrik tersebut sudah mengabaikan kesehatan warga,” ujar salah seorang warga yang berorasi.

Massa unjuk rasa juga meminta PT Gizindo bertanggungjawab agar udara di sekitar lingkungan warga Cikande kembali bersih. Sebab perusahaan ternak ayam tersebut sudah membuat polusi udara yang buruk pada lingkungan sekitar.

Hingga berita ini diturunkan, massa masih berorasi menunggu jawaban dari Pemkab Serang. Saat ini perwakilan warga Cikande sedang audiensi di Gedung Pendopo Bupati Serang.

Sementara itu, di luar gedung pendopo puluhan anggota Satpol PP serta Polres Serang dan Serang Kota mengamankan lokasi unjuk rasa. (Ade F)