Terkait Pelabuhan Warnasari, Menhub Minta Ada Kerja Sama PCM, ASDP dan Pelindo

CILEGON – Peletakan batu pertama (pelbama) Pelabuhan Warnasari, Kota Cilegon, secara simbolis dilakukan oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi beserta Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy dan Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi, Rabu (30/8).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam sambutannya berharap pembangunan pelabuhan tersebut akan memberikan dampak positif bagi perekonomian di Cilegon, Banten, termasuk Indonesia. Pembangunan ini melibatkan kerja sama antara PT Bosowa dan PT PCM (Pelabuhan Cilegon Mandiri) Cilegon.

“Ini suatu inisiasi yang patut dihargai. Karena selalu Bapak Presiden dan Wakil Presiden menyarankan kesertaan swasta harus diberikan dukungan penuh,” ujarnya.

Dijelaskannya, pembangunan sisi darat dari Pelabuhan Warnasari secara simbolis tersebut harus disertai dengan semangat yang tinggi dari seluruh lapisan masyarakat. “Pak Wali (Iman Ariyadi) dan Pak Dirut sudah dapat klien yang saya pikir merupakan marketing luar biasa,” katanya.

Ke depan, ia menganjurkan adanya kerja sama antara PT PCM selaku pengelola Pelabuhan Warnasari dengan pihak PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) beserta PT Pelindo. “Ini harus dilakukan dengan seksama agar memberikan kemanfaatan kepada masyarakat. Baik guru ngaji, PKK dan semua,” ucapnya.

Ia memuji langkah Walikota Cilegon dan Wakil Gubernur Banten dalam mendorong keberadaan Pelabuhan Warnasari. “Banten adalah satu provinsi yang produktif. Dengan banyak kawasan industri dan merupakan pintu masuk menuju ibu kota sehingga maksimalisasi dari fungsi pelabuhan harus dilakukan dengan baik,” tuturnya. (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)