Terlalu Manja, Langsung Deh Ditalak Tiga (Bag 1)

Love Story

Love Story
Ilustrasi Love Story (Dok: RB)

Ada-ada saja ulah Cinot (32), nama samaran. Selama delapan tahun berumah tangga dengan Tole (35), nama samaran suami Cinot, warga Pandeglang ini melarang suaminya untuk bekerja. Alasannya, hanya karena ia tidak mau ditinggal sendirian di rumah. Gara-gara itu, Tole menganggur selama bertahun-tahun agar bisa menuruti keinginan Cinot. Nah loh, kenapa tuh Cinot?

Aneh sekali ya, padahal kebanyakan istri merasa senang jika sang suami bekerja membanting tulang. Kalau suami pulang bawa uang sekarung, kan istri pula yang senang. Namun Cinot tidak seperti istri pada umumnya. Dia benar-benar tidak suka jika Tole bekerja dan meninggalkannya di rumah. “Cinot tidak bercanda, dia benar-benar tidak mau ditinggal. Pernah saya memaksa meskipun alasannya karena saya harus bekerja. Makanya dia bersikeras agar saya jangan pernah bekerja,” terangnya.

Keegoisan dan sifat manja Cinot penyebab munculnya permintaan aneh bin nyeleneh ini. Pola pikir Cinot menyesatkan, sehingga membuat Tole tersesat dan tidak mampu menjalankan rumah tangga yang sehat. “Saya menyesal tidak menjadi kepala rumah tangga yang tegas. Andai saya bisa mengajari Cinot bagaimana seharusnya menjadi istri, mungkin rumah tangga kami bisa terselamatkan,” kata Tole.

Lalu sebenarnya kenapa Cinot tidak mau ditinggal di rumah? Memang banyak hantunya atau sering disatroni tetangga genit? Kata Tole sih bukan keduanya. Lah lalu apa dong penyebabnya? Untuk itu Tole menceritakan kisah rumah tangganya dengan Cinot.

Ini bermula ketika Tole tengah kongkow dengan teman-temannya, ia melihat Cinot baru turun dari sebuah angkot. Keduanya saling bertatapan, cinta pada pandangan pertama pun terjadi, tring-tring.

Penasaran dengan pertemuan saat itu, Tole keesokan harinya nongkrong di tempat yang sama dan waktu persis saat melihat Cinot. Harapan dapat bertemu kembali dengan Cinot terkabulkan, sesuai prediksi Cinot terlihat turun dari angkot. “Waktu itu saya langsung mengejarnya. Saya ajak kenalan dan Cinot mengajak saya ke rumahnya,” ujar Tole.

Wow cepat sekali, enggak sekalian langsung lamaran aja tuh. Ternyata cinta pada pandangan pertama juga dirasakan Cinot. “Saat ngobrol, Cinot mengaku merasakan getaran yang sama seperti yang saya rasakan,” terangnya.

Tidak membutuhkan waktu lama, Tole berhasil menjadikan Cinot sebagai pacar. Sejak saat itulah mereka akhirnya menjadi pasangan kekasih. Hubungan mereka cukup lama, sekitar dua tahun lamanya. Dalam perjalanan, hubungan keduanya sempat terjadi putus nyambung. Namun pada akhirnya, baik Cinot maupun Tole menyadari bahwa mereka tidak bisa berpaling kepada yang lain. “Setelah putus nyambung, kami sadar jika cinta kami sangat besar. Buktinya saat putus, kami selalu balikan lagi,” katanya.

Selama berpacaran, Cinot sekali pun tidak pernah mendatangi rumah Tole. Persoalannya selain karena Cinot tidak tertarik untuk bertamu dengan orangtua Tole, sang pacar pun tidak pernah mengajak Cinot ke rumahnya.

Sampai pada akhirnya Tole memutuskan untuk melamar Cinot. Saat itulah pertama kali Cinot bertemu orangtua dan keluarga besar Tole. Singkat cerita, keduanya naik pelaminan. Keluarga besar dari kedua belah pihak berdatangan, pernikahan mereka lumayan meriah.

Nah, usai menikah, orangtua Cinot meminta Tole membawa anaknya tinggal di rumah Tole. Alasannya karena rumah Cinot terlalu kecil dan tidak memiliki kamar ekstra untuk Tole dan Cinot. “Selama ini Cinot tidur dengan kedua kakaknya. Karena tidak ada kamar lagi akhirnya mertua minta kami tinggal di rumah saya,” jelas Tole. Bersambung…