Terlalu Tampan, Ya Ampun!

Foto : Kincir

Film produksi Visinema Pictures ini diangkat dari komik Webtoon dan menjadi suguhan apik pada Februari ini. Komik bikinan Avisiena dan Savenia ini pertama kali hadir pada Maret 2017 lalu. Tentang perjalanan sosok ganteng bernama Kulin. Terlalu Tampan langsung digandrungi dan meraih lebih dari 9 juta likes.

Jika pernah membaca Webtoonnya pasti sudah terbayang siapa saja karakter-karakter yang akan muncul di film Terlalu Tampan. Ada Mas Kulin, Mas Okis, Pak Archewe, hingga BuSuk yang banyak terlibat dengan adegan-adegan absurd di dalam komiknya. 

Tidak jauh dengan versi komik, film yang tayang mulai 31 Januari 2019 di seluruh bioskop Indonesia ini menghibur dengan segala komedi receh yang menjadi ciri khasnya.

Film ini tentang Kulin (Ari Irham) yang benci dengan perlakuan cewek-cewek yang cuma melihat dirinya hanya dari tampangnya yang keren. Kulin akhirnya menjadi pribadi yang introvert. Ia lebih memilih menghindari interaksi dengan orang lain, Pak Archewe (Marcellino Lefrandt) dan Bu Suk (Iis Dahlia) terpaksa menyekolahkan Kulin di rumah alias homeschooling.

Kulin tidak pernah beradaptasi dengan dunia luar karena satu permasalahan yang bisa mengguncangkan jagad semesta, yaitu ketampanannya. Berbagai cara dilakukan Bu Suk, Pak Archewe dan Mas Okis dalam merencanakan agar Mas Kulin mau beradaptasi dengan dunia luar. Salah satunya adalah dengan menempatkan Mas Kulin untuk belajar di sekolah umum, seperti kebanyakan anak-anak seusia dirinya. Dari sini Mas Kulin akhirnya memulai perjalanan absurdnya. Bertemu dengan Kibo (Calvin Jeremy), sang Terlalu Cantik, Amanda (Nikita Willy), hingga gadis manis yang super cuek dan tak pernah perduli dengan ketampananan Mas Kulin, Rere (Rachel Amanda).

Tidak tega melihat kondisi Kulin yang merana dan tak punya kawan, Mas Okis (Tarra Budiman) sebagai kakak, langsung melancarkan misi untuk membuat Kulin mau belajar di sekolah umum. Berkat OMALIN (Operasi MAs kuLIN), si tampan akhirnya setuju untuk mengakhiri masa pengasingannya, tapi dengan syarat, dia cuma mau sekolah di SMA khusus cowok.

Masuk ke sekolah khusus cowok ternyata tidak mengurangi penderitaan Kulin. Merasa putus asa dan tidak tahan derita, Kulin berniat bunuh diri. Saat hendak loncat dari gedung, Kulin bertemu dengan Rere (Rachel Amanda), cewek tomboi yang tidak terpengaruh ketampanan Kulin. Heran dengan sosok cewek misterius yang kebal dengan pesonanya, Kulin langsung dilanda jatuh cinta.

Film yang disutradarai Sabrina Rochelle Kalangie ini masih berpegang teguh kepada inti dari cerita di versi Webtoon-nya, yaitu jokes receh. Kelucuan yang dibangun, menghadirkan punch line ‘lebay’, namun sangat menghibur. Semuanya terhubung dalam cerita-cerita konyol yang akan membuat penonton senyum-senyum sendiri.  Selain itu, akan ada banyak cerita-cerita lain yang bisa ditemukan. Mulai dari drama keluarga, tentang jatuh cinta dan masa-masa remaja kekinian yang menggelitik.

Tapi film ini punya ending yang menyentuh. Kisah persahabatan dan cinta antara Mas Kulin, Kibo dan Rere mampu menjadi pembeda dengan sentuhan akhir yang hangat. Seperti apa? Cek aja di bioskop ya.

Menargetkan penonton remaja, cerita di film Terlalu Tampan cocok dengan selera generasi milenial. Masalah percintaan, persahabatan, serta pentingnya keluarga, menjadi fokus utama di film ini, tentunya semua dibalut dengan adegan komedi yang bisa bikin kalian tertawa lepas. (Hilal Ahmad)