Terlambat tapi Warga Tetap Antusias

0
345 views

JAWILAN – Pelaksanaan persiapan RW 02, Kampung Ciawet Curug Kuda, Desa Majasari, Kecamatan Jawilan, memang terlambat. Warga baru mulai menata kampungnya dua pekan lalu. Namun, antusiasme warga untuk memberikan yang terbaik bagi kampungnya di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 sangat tinggi.

Gotong royong warga menata kampungnya seolah tidak mengenal waktu. Siang dan malam hari, mereka bahu-membahu mengubah kampungnya agar bisa bersaing dengan 1.510 RW lain di Kabupaten Serang.

“Warga siang-malam. Yang kerja shif siang, pulang kerja langsung turun (menata lingkungan kampung-red) menggantikan warga lainnya yang masuk shif malam. Jadi bisa dibilang, penataan tidak berhenti dilakukan,” kata Ketua RW 02 Farminsyah, Selasa (3/11).

Menurut Farminsyah, antusiasme warganya itu karena mereka ingin kampungnya bisa menjadi lebih baik lagi. Lebih bersih dan menjadi indah.

“Kalau sebelumnya sudah cukup bersih, tapi kan tidak ada hiasan dan lainnya, jadi masih kurang aja kalau dilihat. Sekarang dengan diikutkan LKBA, sudah sangat banyak perubahannya. Halaman rumah warga sekarang banyak tanaman hijau. Tembok-tembok yang sebelumnya polos, sekarang dilukis atau dicat warna-warni,” jelasnya.

Farminsyah memperkirakan, proses penataan lingkungan RW 02 baru mencapai 70 persen. Warga masih fokus membuat taman bermain, melakukan pemagaran, dan mengecat paving block. Penghijauan juga terus ditingkatkan oleh para kader posyandu.

“Taman bermain anak diperkirakan baru 20 persen. Tapi saya optimis, sebelum penilaian, taman bermain sudah selesai dibuat oleh warga,” ujarnya.

Kepala Desa Majasari Suherman Pratama Mulya menjelaskan bahwa antusiasme warga RW 02 terlihat waktu ditawarkan untuk mengikuti LKBA 2020. “Awalnya, saya hanya menawarkan saja, soalnya ada beberapa kampung lain ketika ditawari (mengikuti LKBA-red), menyatakan tidak siap. Kalau kampung ini (RW 02-red), mereka langsung merespons,” tutupnya. (rio/don)