Terminal Terpadu Merak

CILEGON – Memasuki H-10 Lebaran, Terminal Terpadu Merak (TTM) Kota Cilegon masing lengang, sama seperti hari biasanya. Belum ada tanda-tanda lonjakan penumpang pada Minggu (26/6/2016).

Staf Tata Usaha Terminal Terpadu Merak (TTM) Iwan Yuhendra mengatakan, lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran diprediksi pada H-5 Lebaran. “Tetap ada lonjakan penumpang tahun ini. Kalau lonjakan pemudik biasanya H-5,” ujar Iwan saat dihubungi Radar Banten Online melalui telepon selular, Minggu (26/6).

Ia juga memperkirakan lonjakan penumpang pada arus mudik tahun ini di TTM tidak seramai seperti tahun lalu karena ada pembukaan rute pelabuhan penyeberangan Tanjung Priok – Pelabuhan Panjang, Lampung. “Sebetulnya secara teori mudah-mudahan tidak ada lonjakan penumpang di Merak,” ujar Iwan.

Iwan menerangkan, saat ada 520 armada bus reguler dioperasionalkan untuk melayani masyarakat yang hendak melakukan mudik. “Bus reguler ada 520. Jika adanya lonjakan kita sudah siapkan sebanyak 100 bus cadangan,” ungkapnya.

Wardi, salah seorang sopir bus Merak-Bandung, memperediksi pengguna jasa angkutan umum yang hendak menuju Sumatera tidak seramai tahun lalu. “Tahun lalu H-10 sudah mulai terasa ada lonjakan penumpang, sekarang belum terlihat. Kemungkinan banyak yang lewat Tanjung Priok kali,” katanya. (Riko)