Terminal Seruni Kota Cilegon Belum Optimal

Kondisi Subterminal Seruni, Lingkungan Seruni, Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber.

CIBEBER – Terminal Seruni di Kelurahan Kedaleman, Kecamatan Cibeber, belum optimal pengoperasiannya. Padahal dibangunnya terminal tersebut untuk menaikkan dan menurunkan penumpang bus yang keluar dan masuk dari pintu tol Cilegon Timur.

Masih banyak bus yang menaikkan dan menurunkan penumpang di pertigaan akses menuju pintu tol Cilegon Timur. Sedangkan di area Terminal Seruni keadaannya masih sepi dari aktivitas bus. Jarang penumpang yang mau masuk sehingga awak bus juga ogah-ogahan masuk terminal tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cilegon Andi Affandi mengakui belum maksimalnya Terminal Seruni. Dia beralasan, terminal itu belum ditata dengan baik. “Rencananya besok (hari ini-red) kita akan melakukan studi banding ke Jogjakarta terkait penataan terminal di sana,” kata Andi, Selasa (4/4).

Menurutnya, untuk melakukan penataan atau perawatan Terminal Seruni itu harus membutuhkan anggaran. Dia berjanji pada APBD Perubahan 2017 akan mengalokasikan anggaran untuk menata kembali terminal tersebut agar lebih baik lagi.

Terkait alasan melakukan kunjungan kerja ke Jogjakarta, Andi berdalih pengelolaan terminal tipe C di Jogjakarta sudah bagus. “Terminal Seruni itu kan masuk dalam terminal tipe C. Jadi, kita studi banding ke sana. Bahkan di sana ada terminal layak anak. Jadi, kita ingin mencontoh seperti di Yogyakarta,” ujar Andi.

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Abdul Ghoffar meminta agar Dishub bisa bertindak tegas terhadap perusahaan angkutan yang melanggar aturan. “Baik Dishub atau OPD (organisasi perangkat daerah) terkait harus tegas dalam melaksanakan aturan. Bila perlu, izin trayeknya ditinjau ulang,” terang Ghoffar. (Umam/Radar Banten)