Terowongan Bambu Dibangun di RT 06 Prahmatan

0
399 views

TAKTAKAN – Bambu menjadi bahan utama untuk menata dan menghias lingkungan RT 06 RW 03, Lingkungan Prahmatan, Kelurahan Cilowong, Kecamatan Taktakan. Ada beberapa hiasan dari bambu. Salah satunya adalah terowongan, yang kini masih tahap pembangunan.

Bermacam hiasan dari bambu telah rampung dibuat oleh warga RT 06. Di antaranya, spot foto. Letaknya di dalam lingkungan RT ini.

“Makanya, sekarang kita buat terowongan dari bambu (di bagian depan lingkungan RT 06, dekat persawahan-red),” kata Ketua RT 06 M Suni kepada Radar Banten, Kamis (25/6).

Pembangunan terowongan ini, menurut Suni, membutuhkan sekira 30 batang bambu. Bahan utama terowongan ini diambil dari kebun milik salah satu warga RT 06. Jaraknya, sekira dua kilometer dari RT 06.

“Solusinya, bambu dialirkan ke sungai. Nanti ada (warga-red) yang nyegat dan ngambil bambu dari sungai,” jelasnya.

Pembangunan terowongan bambu di RT ini dilakukan oleh para pemuda. Kemarin, masih berupa kerangka bangunan. Setelah berdiri, terowongan bambu ini akan dicat warna-warni. Hiasan dari ban mobil bekas akan diletakkan di bagian bawah terowongan.

“Kita juga akan pasang tanaman merambat (di atap terowongan-red) supaya teduh,” ujar Suni. “Saya targetkan, pembuatan terowongan selesai pekan depan,” tambahnya.

Rencana kegiatan warga RT 06 lainnya, jelas Suni, adalah gotong royong membetulkan tembok pembatas jalan yang ambles. Kerusakan bangunan ini akibat tanahnya tergerus air hujan.

Persyaratan administrasi berupa legalitas pengesahan pembantukan kelompok sadar hukum dan kelompok pemuda penggerak lingkungan, lanjut Suni, masih proses penerbitan oleh Pemerintah Keluraham Cilowong. 

Lurah Cilowong Bahtiar mengapresiasi kreativitas warganya dalam menata kampung di lomba ini. Ia mengaku intens memantau progres penataan lingkungan enam RT di wilayahnya yang ikut LRLA.

“Biasanya seminggu sekali saya ngecek ke lokasi, supaya warga semangat,” ujar Bahtiar. (mg06/don)