Tersisa Dua Bidang Lahan Kosong di RT 01 Singandaru

0
881 views

SERANG – Lima bidang lahan kosong di RT 01 RW 22, Lingkungan Singandaru, Kelurahan/Kecamatan Serang, menjadi nilai lebih. Tiga bidang lahan tidur ini telah dijadikan kebun sayur, kebun buah, dan taman tanaman obat. Persiapan kampung ini di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

“Pemanfaatan lahan tidur kami sisa dua lagi. Yang lainnya sudah dimanfaatkan dengan ditanami sayuran dan buah-buahan. (Lahan tidur-red) yang di tengah sudah selesai (dijadikan taman-red) dan sering dijadikan tempat kumpul ibu-ibu kalau sore,” ujar Ketua RT 01 Nana Jayadi pada Selasa (25/8).

Nana menyatakan, perubahan di kampungnya akibat LRLA, telah membawa dampak lain. Kini, warga RT 01 telah memiliki kesadaran untuk memperindah halaman rumahnya. Beberapa warga, bahkan sukarela menambah pot tanaman untuk diletakkan di pinggir jalan di depan rumahnya. RT ini menjadi lebih hijau dan berwarna oleh tanaman.

“Untuk di pinggir jalan, rata-rata yang digunakan adalah bunga. Kalau sayuran, buah-buahan dan tanaman obat, kami tanam di lokasi khusus, yaitu di lahan tidur yang sudah kami rapikan,” jelas Nana.

Koordinator penggerak warga untuk LRLA, Tubagus Khaerudin, mengakui jika kampungnya telah banyak berubah. Kondisi ini terjadi karena kekompakan dan semangat warga untuk bergotong royong setiap hari Sabtu dan Minggu.

“Warga sekarang gotong royong. Dari lima lahan tidur di lingkungan kami, sudah tiga yang ditanami sayuran, tanaman obat, dan buah-buahan. Satu lahan sudah dibersihkan dan tinggal ditanami. Satunya lagi, minggu ini akan kami rapikan,” terang Khaerudin. (rio/don)