Tertibkan Angkot Serang-Balaraja, Dishub Banten Resmikan Koprasi Angkalima

0
3.510 views
ilustrasi (foto: istimewa)

SERANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten meresmikan sebuah Koperasi baru yang bernama Angkalima. Hal itu dilakukan sebagai penataan Angkutan Kota (Angkot) di Banten.

Kasi Angkutan Penumpang Dishub Provinsi Banten Ahmad Najiullah mengatakan, koperasi ini dibentuk untuk wadah para sopir angkot, supaya mempermudah proses izin jalan dan tidak perlu lagi mengurus perizinan jalan ke Dishub Banten.

“Dibuatnya Koperasi Angkalima oleh Dishub Banten, sekaligus untuk penataan angkot ilegal yang tidak berizin. Tetapi Koprasi Angkalima ini, kita buat hanya khusus di jalur E8 jurusan Serang-Balaraja. Untuk koprasi jalur-jalur lainya, masih dalam tahapan serta kajian Dishub Banten sendiri,” kata Ahmad sesusai peresmian Koperasi Angkalima, di Terminal Pakutan Kota Serang, Jum’at(3/3).

Lanjut Ahmad, pihaknya juga menargetkan Koperasi Angkalima selama setahun sudah bisa menata Angkot di jalur E8 dengan lebik baik. “Dengan tidak ada angkot ilegal ataupun angkot yang tidak berizin. Setelah selesai penataan jalur E8, pihaknya juga akan membuat Koperasi untuk jalur Serang-Cilegon,” jelasnya.

Apabila sampai dengan 2019, lanjut Ahmad, telah terbentuk semua koperasi di setiap jalur angkot di Banten, bisa menghilangkan oknum-oknum yang memainkan izin jalan angkot di Banten. “Setelah semua oknum-oknum perizinan jalan angkot hilang di Banten, dengan begitu laju jalur angkot menjadi dengan tertib dan nyaman. Sehingga tidak perlu lagi dilakukan razia angkutan oleh Dishub di setiap Kabupaten Kota,” ucapnya.

Di tempat sama, Ketua Koprasi Angkalima, Dishub Banten, Nono Suharto mengaku siap selama setahun menertibkan jalur E8 jurusan Serang-Balaraja menjadi berizin semua. Asalkan pihaknya selalu di dukung oleh Kepolisian dan Dishub Banten. “Karena saya yakin banyak oknum-oknum berizinan jalan angkot mengatasnamakan Dishub dan kepolisian. Makanya kita memerlukan dukungan penuh dari 2 intansi ini, agar penataan angkot bisa dilakukan dengan cepat,” ucapnya.

Lanjut Nono, pihaknya juga menegaskan kepada seluruh angkot jalur E8 jurusan Serang-Balaraja bahwa sudah terdapat sebuah koperasi yang dibuat oleh Dishub Banten untuk mengurus perizinan jalan. “Makanya jangan percaya lagi sama oknum-oknum yang tidak jelas. Karena apabila ketahuan mobil anda dapat di tahan,” ucapnya. (Adef)