Tertibkan Pedagang di Trotoar, Satpol PP Cilegon Ditenggat Sebulan

0
341 views

CILEGON – Satpol PP Kota Cilegon menertibkan sejumlah pedagang yang meletakkan barang dagangannya di atas trotoar Jalan Protokol Kota Cilegon, Jumat (20/1). Tidak ada barang milik pedagang yang diangkut oleh petugas. Penertiban masih berupa peneguran.

Kasi Kerjasama dan Kemitraan Satpol PP Kota Cilegon Mansur mengatakan, penertiban dilakukan untuk menegakkan Perda Nomor 5 tentang Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (K3). Agar jalan protokol bebas dari pedagang kaki lima (PKL). “Kita mulai dari simpang PCI sampai Simpang Tiga Cilegon,” kata Mansur.

Dijelaskan Mansur, ada sebanyak 25 pedagang yang ditemukan meletakkan barang dagangannya di trotoar. Kebanyakan merupakan pedagang buah-buahan musiman. Seperti durian dan duku. “Kalau masih membandel lagi, baru kita tindak dengan pengangkutan barang. Sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku,” ujarnya.

Diungkapkan Mansur, berdasarkan instruksi Walikota Cilegon Tb Iman Ariyadi, Satpol PP diberikan tugas untuk membersihkan trotoar dari pedagang kaki lima dengan tenggang waktu selama 30 hari kerja. “Insya Allah dalam bulan ini akan kita bersihkan semua. Selain program 100 hari kerja, ini juga agar Cilegon menjadi indah dan rapi serta pejalan kaki tidak terampas haknya,” ucapnya.

Mansur menuturkan tidak menemukan adanya pemilik toko yang menempatkan barang dagangannya di atas trotoar. “Toko-toko kebanyakannya sudah sadar hukum. Sudah kita arahkan agar jangan menempatkan barang dagangannya di trotoar,” pungkasnya. (Riko)