Tertibkan PKL di JLS, Satpol PP Cilegon Lakukan Tindakan Persuasif

0
508 views

CILEGON – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Kota Cilegon kembali memperingati pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di atas trotoar Jalan Lingkar Selatan (JLS), Jumat (18/1). Sebelumnya tindakan yang sama dilakukan pada Selasa (15/1) lalu.

Puluhan personel diterjunkan untuk memperingati para pedagang agar tidak memenuhi badan trotoar dengan barang dagangan dan ikut merapikan.

Tidak hanya itu, jika sebelumnya peringatan secara lisan, kini peringatan dilakukan sekaligus dengan surat.

Kasi Dalops Satpol PP Kota Cilegon Suroto menjelaskan, peringatan dengan surat ini dilakukan mengingat banyak pemilik lapak tidak berada di lokasi saat sidak berlangsung. Mayoritas lapak dijaga oleh orang suruhan. 

“Kita akan lakukan pendekatan persuasif ke pedagang, kita tidak akan menyita barang-barang milik pedagang, hanya ditata, dipindahkan,” ujar Suroto, Jumat (18/1).

Kata Suroto, khusus di jalur JLS, pedagang diperkenankan membuka lapak, namun dengan syarat tidak memenuhi badan trotoar. Menurutnya, pemerintah membuat badan trotoar cukup lebar agar bisa duganakan untuk kuliner, namu tetap memperhatikan ketertiban dan kerapihan.

Salah satu pemilik lapak kelontongan, Agus, mengaku pedagang tidak boleh membuka lapak melewati batas yang ditetapkan. “Batasnya dua meter dari ujung trotoar itu Pak, kalau agak kedalemnya boleh,” ujarnya.  (Bayu Mulyana).