Tertinggal, Warga RT 01 Kavling Brimob Siap Mengejar

SERANG – RT 01 RW 09, Lingkungan Kavling Brimob, Kelurahan Lontarbaru, Kecamatan Serang, diakui tertinggal dari RT lain peserta Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020. Makanya, mereka berusaha mengejarnya. Penghijauan menjadi fokus kegiatan warga.

“Warga lingkungan ini sudah cukup sadar kebersihan di lingkungannya. Saya juga cukup cerewet sih, jadi warga setiap pagi dan sore sudah pasti bersih-bersih halaman rumah. Sampah tidak berserakan di lingkungan kami,” tegas Ketua RT 01 Supardi, Selasa (7/7).

Warga, diakuinya, belum mendekorasi lingkungannya agar menjadi lebih indah atau artistik. Alasannya, karena dana stimulan dari Pemkot Serang untuk menata tiap RT sebesar Rp5 juta baru diterima oleh pengurus RT 01 pada pekan kemarin. 

“Kami akan mulai (menata lingkungan-red) minggu depan, karena rata-rata warga di sini sudah tua, dan yang muda-muda banyak yang bekerja. Warga gotong royong setiap hari Minggu,” jelas Supardi.

Menurutnya, warga akan menitikberatkan pada penghijauan. Setiap rumah warga bakal dihijaukan dengan berbagai tanaman menggunakan pot. Jika rumah warga tidak memiliki lahan, akan menggunakan pot gantung.

Pos ronda, diakui Supardi, masih menjadi kendala. Hingga kini, RT 01 belum memiliki pos ronda. Menurutnya, lantaran wilayah RT ini sempit dan padat. Tidak ada lahan kosong untuk pos ronda.

“Kendala kami cuma di pos ronda, karena kami tidak punya lahannya. Ada lahan kosong, tapi pemiliknya belum mengizinkan untuk tempat pos ronda,” ujarnya.

Ketua RW 09 Misto membenarkan jika penghijauan menjadi fokus utama warga RT 01. “Kami akan bangun taman bemain anak juga, agar anak-anak bisa terpantau dengan baik ketika bermain,” tambahnya. (rio/don)