Teruji, Berkarya Resmi Usung Tatu-Pandji

Bakal Calon Bupati Ratu Tatu Chasanah menerima rekomendasi dukungan di pilkada dari Ketua Umum DPP Berkarya Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto (tengah) di sekretariat DPP Berkarya, Jakarta, Kamis (9/7).

SERANG – Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati Ratu Tatu Chasanah dan Pandji Tirtayasa kembali mendapatkan suntikan dukungan pada Pilkada 2020 Kabupaten Serang. Kali ini, giliran Partai Berkarya yang resmi mengusung pasangan petahana itu, dengan alasan sudah teruji sukses membangun Kabupaten Serang, selain dinilai memiliki elektabilitas tinggi.

Dengan demikian, pencalonan petahana saat ini sudah didukung tujuh parpol. Selain partai besutan Tommy Soeharto itu, Tatu-Pandji juga diusung Partai Golkar, PDI Perjuangan, PKS, Partai NasDem, Partai Hanura, dan PBB.

Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Serang, Dedi Haryadi mengatakan, rekomendasi Partai Berkarya untuk pasangan bakal calon petahana Tatu-Pandji diberikan langsung oleh Ketua Umum DPP Berkarya Hutomo Mandala Putra atau lebih dikenal dengan nama Tommy Soeharto di sekretariat DPP Berkarya, Jakarta, Kamis (9/7). “Alhamdulillah, rekomendasi sudah diserahkan di DPP (untuk pasangan Tatu-Pandji-red),” ungkap Dedi kepada Radar Banten melalui sambungan telepon seluler, kemarin.

Menurut Dedi, dalam memilih pemimpin daerah melalui pilkada bukan ajang coba-coba. Pihaknya mendukung pasangan Tatu-Pandji karena sudah teruji. Tatu-Pandji dinilai  sukses melaksanakan program pembangunan di Kabupaten Serang selama menjabat kepala daerah. “Kalau kita sih enggak berani coba-coba. Kita pilih yang sudah teruji saja. Menurut beberap survei juga, Tatu-Pandji elektabilitasnya (tingkat keterpilihan) sangat tinggi,” jelas Dedi alasan memilih pasangan Tatu-Pandji. “Kita mau cari yang menang. Hasil pembangunan Pemkab Serang saat ini jelas langsung dirasakan oleh masyarakat,” imbuhnya.

Dedi juga mengatakan, pihaknya memberikan rekomendasi untuk pasangan Tatu-Pandji karena beberapa hal. Di antaranya dari proses penjaringan Partai Berkarya yang menunjukan survei Tatu lebih tinggi dibanding calon lain, pembangunan yang dilakukan Tatu-Pandji pada periode pertama dinilai berhasil, hingga potensi kemenangannya yang dinilai besar. “Ini (pertimbangan rekomendasi-red) sudah melalui tahapan kajian-kajian,” terangnya.

Dengan demikian, ditegaskan Dedi, pihaknya akan melanjutkan amanat DPP Berkarya untuk memenangkan pasangan Tatu-Pandji pada Pilkada. Dedi berjanji, pihaknya akan melakukan upaya semaksimal mungkin untuk memenangkan pilkada. “Kita targetkan suara sebanyak-banyaknya,” tegas Dedi yang juga menjabat anggota DPRD Provinsi Banten itu.

Senada disampaikan Ketua DPD Partai Berkarya Banten, Helldy Agustian yang menyatakan, rekomendasi terhadap pasangan calon pertahana berdasarkan survei DPD Partai Berkarya Kabupaten Serang yang sudah melakukan seleksi para bakal calon. Kemudian, hasil analisa dan rekomendasinya diserahkan kepada DPD Partai Berkarya Provinsi Banten yang diteruskan kepada DPP. Katanya, lobi politik kepada partainya sudah dilakukan oleh Tatu, hingga bakal calon lainnya yaitu Masduki dan Nasrul Ulum bertemu langsung dengan Ketua Umum DPP Partai Berkarya. Namun, kata Helldy, Ketua Umum DPP Partai Berkarya meminta rekomendasi berdasarkan survei resmi di daerah. “Hak prerogratif beliau yang menentukan usulan dari bawah, beliau tertib administrasi,” terang Helldy.

Kata Helldy, rekomandasi DPP juga diberikan kepadanya sebagai bakal calon Walikota Cilegon. Dalam pesannya, Ketua Umum DPP memberikan banyak harapan, terutama soal pembangunan pertanian. “Bahkan, ada istilahnya, jerami bisa dijadikan pangan. Pada prinsipnya Ketua Umum meminta saya dan Ibu Tatu menyejahterakan masyarakat,” katanya.

Helldy menilai, pasangan Tatu-Pandji mempunyai peluang besar untuk menang pada pilkada. “Bagaimana pun Partai Berkarya ingin menang di pilkada dan hasil survei menjadi landasan,” tandasnya.

Terkait itu, Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Serang Fahmi Hakim menilai, dengan bergabungnya Partai Berkarya menjadikan koalisi petahana semakin kuat pada pilkada. “Alhamdulillah, sudah tujuh parpol yang bergabung,” ucapnya.

Kata Fahmi, pihaknya masih melakukan komunikasi politik dengan tiga parpol yang belum menyatakan dukungan pada pilkada. Yakni PKB, PPP, dan PAN. “Komunikasi kita dengan partai-partai lainnya masih terus dilakukan. Insya Allah, mudah-mudahan bisa bergabung juga,” harapnya.

Sementara itu, bakal calon bupati Ratu Tatu Chasanah menyampaikan terima kasih atas rekomendasi serta amanah yang diberikan Partai Berkarya. Menurutnya, kesuksesan pembangunan di Kabupaten Serang berkat kebersamaan, termasuk dengan parpol. “Kebersamaan ini harus terus berlanjut,” ujarnya.

Tatu mengakui, masih banyak persoalan yang harus dituntaskan bersama di Kabupaten Serang. Mulai dari pengentasan penganguran hingga meningkatkan ekonomi kerakyatan. Setelah selesai membangun jalan kewenangan Pemkab Serang sepanjang 601,13 kilometer di Kabupaten Serang, selanjutnya Tatu bertekad untuk membangun jalan desa. “Termasuk mensejahterakan petani melalui program pertanian seusai amanat Pak Tommy, insya Allah selalu kami prioritaskan,” pungkas ibu tiga anak itu. (jek/zai)