Tes Calon ASN di Cilegon Dilakukan Bertahap 

0
605 views

CILEGON – Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) calon aparatur sipil negara (ASN) Kota Cilegon akan gelar secara bertahap pada 4- 5 Februari 2020. Terbatasnya jumlah komputer, panitia, dan tempat menjadi alasan tes digelar secara bergantian di Hotel Grand Mangku Putra, Jalan Akses Pintu Tol Cilegon Timur, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. 

Kepala Bidang Pengadaan Pemberhentian Pembinaan Kesjahteraan dan Administrasi pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Cilegon Budhi Mustika menjelaskan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan sarana dan prasaran yang dibutuhkan untuk tes. Selain ruangan tes, sejumlah sarana yang dibutuhkan adalah 300 komputer beserta meja dan kursi serta jaringan internet ke server milik Badan Kepegawaian Nasional (BKN) karena prose tes akan terintegrasi dengan sistem milik BKN. 

Sebanyak 4.548 peserta yang lolos administrasi akan dibagi secara bertahap selama tiga hari. Satu hari sebanyak 1.500 peserta yang akan menjalani tes. “Satu hari dibagi ke lima sesi, satu sesi 300 peserta, peserta mendapatkan waktu selama 90 menit,” papar Budhi saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/1). 

Dijelaskan Budhi, proses tes akan berlangsung ketat. Sebelum masuk ruangan, para peserta akan terlebih dahulu menjalani pemeriksaan. Kemudian, para peserta pun dilarang membawa barang apapun selain karta tanda penduduk (KTP) dan kartu ujian. 

Sementara itu, Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian Pegawai pada BKPP Cilegon Geggoh Tinambunan menambahkan, selain diperiksa dan tidak boleh membawa barang-barang selain KTP dan kartu ujian, para peserta pun tidak boleh terlambat. 

Menurutnya, panitia tidak akan memberikan keringanan bagi para peserta  yang terlambat. Peserta yang terlambat tidak bisa mengikuti tes.“Kalau sudah di dalam tidak boleh ke toilet, pakaian hitam-putih. Kemudian yang enggak rapi, enggak sopan, enggak bisa ikut tes. Harus tertib,” tegas Geggoh.

Menurutnya, aturan tegas itu merupakan standar operasional prosedur (SOP) yang sudah ditetapkan dan tidak bisa diganggu gugat oleh para peserta tes CASN. 

Untuk mengetahui hari dan sesi tes, lanjut Geggoh, para peserta bisa mengakses situs resmi BKPP Kota Cilegon atau akun Instagram milik BKPP Cilegon dengan nama akun smart asn clg. “Senin tata tertib akan kita launching di website BKPP,” ujarnya.

Dilanjutkan Geggoh, usai mengikuti tes para peserta akan mengetahui nilai yang diperoleh, tetapi untuk ketetapan lolos SKD atau tidak menunggu ketetapan dari BKN. “SKD akan menjadi syarat bagi para peserta tes untuk bisa mengikuti tahapan selanjutnya yakni seleksi kompetensi bidang (SKB),” urainya. 

Diketahui, BKPP Kota Cilegon sebelumnya mengumumkan sebanyak 4.548 peserta seleksi calon ASN yang dinyatakan lolos tahapan administrasi. Data BKPP menunjukkan, dari 4.824 peserta yang telah mendaftar dan melampirkan berkas persyaratan, hanya 276 peserta yang dinyatakan tidak memenuhi syarat. (Bayu M)