Tes CASN, Pemkab Tangerang Numpang di Perguruan Buddhi Dharma

TANGERANG – Pemkab Tangerang akan menggelar tes seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) menggunakan sistem computer assisted test (CAT) pada Februari mendatang. Meski tahun ini merupakan tahun ke tiga, tetapi sarana untuk tes berbasis komputer tersebut belum tersedia. Untuk mengatasi hal tersebut, pelaksanaan tes CAT tahun ini rencananya akan meminjam fasilitas laboratorium komputer alias menumpang di Perguruan Buddhi Dharma, Kota Tangerang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Perencanaan Aparatur Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tangerang Chicha Dewi Larasati, Senin (13/1). Ia mengakui, saat ini masih terkendala soal sarana dan prasarana untuk tes CAT. “Terkendala soal alat, karena kami belum memiliki komputer untuk pelaksanaan tes CAT,” akunya.

Tetapi kata Chica, pihaknya sudah mengajukan untuk pengadaan komputer yang digunakan untuk tes CAT baik CASN atau pun tes Penerimaan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK). “Komputernya belum ada karena tempat untuk penyimpanannya belum tersedia. Nah sekarang tempatnya sudah disediakan di gedung Diklat di Desa Curug Wetan, Kecamatan Curug. Kami sudah mengajukan 100 komputer. Sebetulnya sudah dari 2017 lalu, semoga tahun ini bisa terealisasi,” terang Chicha.

Jumlah yang diajukan tersebut, diakui Chicha masing kurang. Minimal butuh 250 komputer untuk tes CASN yang jumlahnya ribuan. Diketahui, tes CAT tersebut sudah dimulai sejak 2017 dan di Kabupaten Tangerang setiap tahun jumlah pelamarnya membludak. Tahun ini, ada sekira 9.088 pelamar. “Pengajuan pengadaan komputer akan dilakukan secara bertahap. Terpenting saat ini kita sudah punya tempat untuk menyimpannya, karena tidak sembarangan harus aman agar tidak dicuri maling,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Subbidang Pengadaan dan Penataan BKPSDM Juhri Saputra mengatakan, pelaksanaan tes CAT CASN tersebut rencananya akan dilaksanakan selama delapan hari. Diperkirakan akan dilaksanakan 27 Januari sampai 28 Februari lantaran Pemkab Tangerang belum dapat kepastian dari Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Tetapi untuk tanggal pelaksanaan kami ajukan pada 5-17 Februari. Setiap harinya akan dilaksanakan lima sesi dan khusus Jumat empat sesi, kecuali hari terakhir cuma tiga sesi. Tes dilaksanakan di tiga ruang kelas masing-masing 40 komputer dan satu ruang laboratorium komputer berkapasitas 130 komputer dan orang di lantai dua Perguruan Buddhi Dharma, Kota Tangerang,” katanya.

Untuk menghindari adanya joki dalam pelaksanaan tes CAT CASN tersebut, pihaknya meminta agar para peserta tidak lupa membawa kartu peserta dan kartu tanda penduduk (KTP). “KTP yang dibawa peserta untuk memastikan bahwa dia peserta asli bukan joki. Tetapi alhamdulillah, hingga saat ini tidak ada temuan joki,” pungkasnya. (mg-04/asp)