Tes Kompetensi CPNS Untirta Digelar Online

0
335 views

SERANG – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menggelar tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) periode 2019 secara online, Senin (21/9). Tes SKB ini merupakan lanjutan bagi mereka yang telah dinyatakan lulus pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang dilaksanakan secara serentak oleh pemerintah beberapa waktu lalu. SKB dibagi menjadi tiga tahap yakni, Wawancara, Microteaching, dan Computer Based Test (CBT).

Kepala Bagian kepegawaian Untirta Evi Masna Chotimah menjelaskan, SKB dengan sistem online dilaksanakan selama lima hari sejak 21 September hingga 25 September 2020. Untuk sesi wawancara dan microteaching baru akan digelar pada 29 September 2020. “Pada seleksi CPNS 2019 ini ada 36 formasi yang disediakan. Seluruh juknis (petunjuk tekhnis- red) seluruhnya diarahkan oleh pihak Kemendikbud termasuk sistem penilaian dengan menggunakan aplikasi khusus,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengelolaan Keuangan, SDM dan Fasilitas, Kurnia Nugraha saat monitoring tes SKB mengungkapkan, pelaksanaan SKB yang digelar secara online menjadi sangat efektif dan efisien jika infrastruktur sudah memadai. ”Tes SKB tahun ini yang pertama dilaksanakan secara online sungguh luar biasa dan sangat efisien serta efektif apalagi dari sisi penilaian yang saat itu juga langsung dikirim ke pusat. Sehingga meminimalisir kontak langsung peserta dengan panitia dan afirmasi,” katanya.

Rektor Untirta Fatah Sulaiman mengatakan, wabah Covid-19 membuka ruang bagi siapapun untuk berkreativitas dan berinovasi dalam berbagai hal. termasuk dalam pelaksanaan tes CPNS. “Saya mengapresiasi kerja tim kepegawaian dan Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan-red),” ujarnya. (*)